17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Desa Trutup Jadi Kampung Sinom, Juara Lima Besar Kabupaten Tuban

bloktuban.com | Tuesday, 15 February 2022 18:00

Desa Trutup Jadi Kampung Sinom, Juara Lima Besar Kabupaten Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Sinom merupakan minuman tradisional yang terbuat dari berbagai campuran bahan alami, seperti kunyit, asam jawa, gula, serta air. Biasanya, sinom atau yang biasa dikenal dengan kunyit asam bisa disajikan secara hangat ataupun dingin. 

Selain rasanya yang lezat, minuman tersebut juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh. Dilansir dari Kompasiana sinom memiliki berbagai khasiat seperti menambah nafsu makan, melancarkan haid, mencegah kerontokan rambut, mengurangi radang, hingga menyuburkan kandungan. Akan tetapi tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebih bagi ibu hamil. 

Karena memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, hingga saat ini banyak masyarakat yang menggemari minuman satu ini. Tak heran jika banyak masyarakat yang memproduksi dan menjual sinom.

Salah satu desa yang konsisten menghasilkan sinom dan menjadikannya salah satu produk andalan ialah Desa Trutup, Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Selain kaya manfaat, Trutup menjadi kampung sinom karena banyaknya pohon asam yang ada disepanjang jalan, sehingga masyarakat bisa dengan mudah untuk mencari asam, untuk diolah menjadi sinom. 

"Desa Trutup ini memang ciri khasnya pohon asam, jadi kita memanfaatkan nya untuk membuat sinom, jadi asamnya tinggal memetik langsung dari pohonnya disepanjang jalan lalu kita olah," ucap Slamet Widodo, Kepala Desa Trutup kepada blokTuban.com.

Pria berusia 36 tahun tersebut melanjutkan, sinom buatan warga Desa Trutup juga pernah mendapatkan juara lima besar saat dipamerkan dalam lomba yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. 

Saat ini disepanjang jalan Desa Trutup masih banyak didapati pohon asam, tetapi sekarang jumlah pohon asam mulai berkurang karena telah mati di makan usia.

"Sudah mulai berkurang pohon asamnya soalnya sudah banyak yang tua. Itu saja mungkin sudah ratusan tahun pohon asam yang ada di sini dan menjadi ciri khas desa," ujarnya. 

Seiring berkurangnya pohon asam diwilayahnya, pria ramah tersebut mengaku belum bisa melakukan penanaman pohon asam kembali. Dikarenakan status jalan desa yang sudah naik menjadi jalan poros, sehingga pemerintah desa tidak bisa langsung bertindak.

"Jalan ini dulunya menjadi jalan penghubung antar desa, sehingga yang dulunya menjadi aset desa, sekarang menjadi aset dari Pemkab," bebernya. 

Oleh karena itu, apabila desa Ingin melakukan penanaman pohon asam kembali, maka harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Pemerintah Kabupaten Tuban. [Sav/Ali]

 

Tag : Desa Trutup, Plumpang, Kampung Sinom Tuban, Minuman Sinom, Produk Unggulan Desa Trutup



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat