Ini Penyebab Rumah Warga Baturetno Terbakar

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sebuah rumah milik Suyatmi (62) warga RT 05 RW 01 nomor 40, Kelurahan Baturetno, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban hangus terbakar sekitar pukul 09.00 Wib. Asap tebal pertama kali dilihat oleh Munajab (57) adik korban yang rumahnya tak jauh dari lokasi kebakaran.

Sebelum terbakar, Munajab mengatakan bahwa kakaknya awalnya sedang menggoreng pelas jagung dan berlanjut memanaskan air di kompor gas . Sambil menunggu air mendidih, Suyatmi kemudian keluar rumah dan main ke rumah tetangganya.

"Tiba-tiba asap tebal muncul dari dapur kakak saya, terus lari berusaha memadamkannya dan menghubungi petugas damkar. Posisi di dalam rumah tidak ada orang dan api cepat membesar," ujar Munajab kepada reporter blokTuban.com di lokasi kejadian.

Tak lama, tiga kendaraan pemadam datang terdiri dari dua mobil damkar, dan satu unit mobil tangki suplai air. Gang sempit di sekitar lokasi, memaksa petugas menarik selang air untuk menjangkau titik api.  Selain petugas damkar, dan pemerintah kelurahan, juga terpantau TNI datang ke rumah korban.

Akibat insiden kebakaran, seisi dapur dan perabotan rumah Suyatmi tidak bisa diselamatkan. Semula dari kompor gas, api dengan cepat merembet ke atap rumah korban. Setelah api benar-benar padam, sejumlah warga membantu pemilik rumah untuk membersihkan sisa-sisa kebakaran.

"Semoga kita semua lebih waspada," pesan Munajab.

Pantauan di lokasi, sisa bekas kebakaran yang terlihat parah adalah pintu berbahan dasar kayu, perkakas dapur, dan kerangka atap dari kayu. Beruntung dinding dapur rumah korban berbahan dasar alumunium, yang tahan terhadap amukan si jago merah. [ali/ono]