Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menanam hidroponik merupakan salah satu hobi untuk mengisi waktu luang yang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu juga dapat memberikan nilai tambah ekonomi untuk menunjang kehidupan.

Hidroponik merupakan tanaman yang memanfaatkan air sebagai media tanam tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan kebutuhan nutrisi pada tanaman. Berbeda dengan tanaman yang menggunakan media, tanaman hidroponik tidak memerlukan lahan yang luas untuk dapat berkembang biak.

Namun kendati demikian, perlu adanya teknik atau cara khusus agar tanaman hidroponik dapat tumbuh dengan baik dan juga subur, Sabtu (15/1/2022). Salah satu penghobi tanaman hidroponik yang ada di Kabupaten Tuban, Adi warga Desa Patihan, Kecamatan Widang, memberikan beberapa cara agar hidroponik dapat tumbuh dengan subur.

“Biasanya biar tanaman bisa hidup dengan subur, lokasi tanamannya harus terkena matahari secara langsung, karena matahari itu sangat berpengaruh terhadap kesuburan tanaman,” jelasnya kepada blokTuban.com.

Selain lokasi tanaman yang strategis, pria berusia 27 tahun itu melanjutkan jika pengaliran air nutrisi yang baik juga berpengaruh terhadap kesuburan tanaman. Biasanya tanaman hidroponik perlu di aliri air nutrisi setiap saat dengan tujuan menjaga kelembapan akar.

Jika kebutuhan nutrisi tidak terpenuhi, maka sayuran hidroponik akan kurang subur, oleh karena itu sangat penting untuk mengecek volume larutan nutrisi yang berada pada tempat nutrisi.

Selanjutnya, jarak antar tanaman juga harus diperhatikan oleh pemilik. Jika sayuran yang ditaman akan tumbuh besar maka diperlukan jarak yang jauh. Pasalnya, jika jarak antara tanaman saling berdekatan mengakibatkan daun tanaman akan saling tumpang tindih.

“Kalau sayurannya saling bertindihan maka akan sulit bagi mereka untuk terkena matahari, pasti ada tanaman yang kurang mendapatkan sinar, itu mengakibatkan dia tidak bisa berkembang dengan baik,” terangnya.

Lebih lanjut, bapak dari satu orang anak ini mengatakan jika melakukan perawatan tanaman secara rutin juga perlu dilakukan, agar kita bisa tahu perkembangan dari sayuran-sayuran yang kita tanam tersebut.

“Ini penting, biar kalau ada hama yang menyerang kita bisa tahu dan bisa segera menanganinya agar tidak merusak tanaman, karena hidroponik juga banyak hamanya,” tutupnya. [sav/lis]