14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bukan Sekadar Lauk Pauk, Tempe Warisan Budaya yang Murah dan Bergizi Tinggi

bloktuban.com | Friday, 14 January 2022 16:00

Bukan Sekadar Lauk Pauk, Tempe Warisan Budaya yang Murah dan Bergizi Tinggi WARISAN BUDAYA : Tempe Diajukan sebagai Warisan Budaya Indonesia

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Tempe merupakan salah satu produk olahan dari kedelai yang sudah menjadi warisan budaya. Makanan tradisional khas Indonesia tersebut memiliki harga yang sangat terjangkau. Meskipun murah, kandungan gizi dalam tempe cukup lengkap,mulai dari karbohidrat, lemak, dan protein nabati.

Dr. Dadi hidayat Maskar, S.T., M.Sc, Sekjen USSEC Soyfood Program Indonesia- Forum Tempe Indonesia mengungkapkan bahwa tempe tidak sekadar lauk pauk dengan harga yang terjangkau, tetapi warisan budaya Indonesia yang filosofisnya lebih besar dari itu. 

“Tempe sekarang diajukan sebagai warisan budaya ke UNESCO,” jelasnya.

Ia melanjutkan, bahwa di negara-negara luar, tempe termasuk dalam kategori superfood yang memiliki harga relatif mahal. Selain itu, hanya 9 jenis makanan yang masuk ke dalam kategori super food, dan tempe adalah salah satunya.

Ditinjau dari segi gizi, Dadi mengungkapkan bahwa sebetulnya perpaduan antara tempe dan nasi putih sudah saling melengkapi asam aminonya. 

“Tapi tetap ya, jangan hanya nasi tempe saja, tetap perlu gizi seimbang lainnya. Ikuti panduan isi piringku,” jelasnya.

Bahkan, tempe juga bisa mencegah terjadinya obesitas. Bahan pangan yang dihasilkan dari fermentasi tersebut bisa mencegah obesitas karena melibatkan mikroorganisme dalam proses ferementasinya. 

“Satu-satunya bahan makanan nabati yang menghasilkan vitamin B12, mayoritas B12 didapatkan dari hewani. Jadi dia bisa jadi makanan andalan bagi yang ingin diet vegetarian,” ungkapnya.

Selain itu, Sekjen Forum Tempe Indonesia tersebut juga mengungkapkan baha tempe memiliki kandungan isoflavon, yakni senyawa bioaktif dalam makanan yang mampu memberikan manfaat bagi tubuh. Namun. Ia melanjutkan bahwa masih ada beberapa misspresepsi terkait isoflavon ini. 

“Isoflavon ini mirip dengan esterogen, ada yang bilang kalau terlalu banyak makan tempe nanti bisa melambai? Tidak ya itu persepsi yang salah,” jelasnya.

Isoflavon yang memiliki properties hampir mirip dengan esterogen memiliki manfaat mengurangi gejala tidak nyaman karena menopause. 

“Tapi ini harus dikonsumsi secara rutin sejak dini agar kandungannya cukup,” jelasnya. Selain itu dapat  membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL), tetapi bisa meningkatkan HDL (korestrol baik), mengurangi risiko kanker payudara, ovarium, prostat, serta menurunkan tekanan darah sistolik dan diastole.

“Perbandingan gizi tempe dan protein hewani tidak kalah, dengan harganya yang paling murah itu jika dibandingkan dengan telur atau daging-dagingan. Jadi kalau beli tempe nggak usah ditawar lagi, udah paling murah, kandungan gizinya paling baik itu,” tutupnya.[din/ono]

 

Tag : tempe, bergisi, makanan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more