Bayi Temuan di Montong Dikirim ke PPSAP Sidoarjo

Reporter: Khoirul Huda

blok Tuban.com - Bayi laki-laki yang ditemukan oleh warga Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pada Selasa (4/1/2022) lalu telah dibawa ke UPT. Perlindungan dan Pelayanan Sosial Asuhan Balita (PPSAB) Sidoarjo, Jumat (14/1/2022).

Bayi tersebut dijemput langsung oleh Kasi Perlindungan Sosial UPT. PPSAB Sidoarjo dari RSUD dr. Koesma Kabupaten Tuban.

"Sudah dijemput oleh Kasi Perlindungan Sosial UPT PPSAB Sidoarjo tadi sebelum jumatan," terang Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Eko Julianto.

Eko menjelaskan, untuk status bayi laki-laki tersebut kini adalah Anak Negara, yakni anak yang belum memperoleh jaminan dari orang atau lembaga yang bertanggung jawab terhadap masa depan anak.

Sementara itu, Direktur RSUD dr. Koesma Tuban Dr. Moh Masyhudi menyampaikan, hari ini kondisi bayi tersebut sudah sehat dan stabil sehingga diserahkan ke Dinas Sosial (Dinsos).

"Hari ini insyaallah kondisi bayinya sudah sehat dan stabil, sehingga diserahkan ke UPT PPSAB Sidoarjo," jelas Masyhudi.

Sebelumnya, bayi laki-laki yang ditemukan warga Desa Pucangan itu kondisi badanya sempat panas dan mengalami sesak nafas serta sempat dibantu dengan Oksigen dan Jackson Rees alat bantu sirkulasi pernafasan di RSUD dr. Koesma Tuban.

Sebatas diketahui, warga Desa Pucangan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban digemparkan dengan adanya penemuan bayi laki-laki sekitar pukul 20:30 WIB malam, Selasa (4/1/2022).

Bayi laki-laki berumur sekitar 2 minggu tersebut ditemukan oleh warga di depan garasi milik Karmini. Sebelumnya bayi malang tersebut menjalani perawatan di Puskesmas Montong, namun karena kondisi badanya panas dan sesak nafas bayi tersebut kemudian dirujuk ke RSUD dr Koesma Tuban.[hud/ono]