17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sesuaikan Ketersediaan Jenis Vaksin, Berikut Kombinasi Vaksin Booster yang Disetujui BPOM dan ITAGI

bloktuban.com | Wednesday, 12 January 2022 08:00

Sesuaikan Ketersediaan Jenis Vaksin, Berikut Kombinasi Vaksin Booster yang Disetujui BPOM dan ITAGI

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, pada hari ini (12/1/2022) program vaksinasi booster akan dilakukan kepada seluruh masyarakat Indonesia secara gratis. Meskipun vaksin booster ditujukan bagi masyarakat di usia 18 tahun ke atas, prioritas vaksinasi booster ini adalah lansia dan penderita imunokompromais.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin dikutip dalam laman kemenkes.go.id mengungkapkan bahwa vaksin booster bisa dilakukan bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas yang sudah melakukan vaksinasi lengkap dengan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dari dosis kedua.

Pemberian vaksin booster ini merupakan upaya pemerintah untuk melindungi masyarakat Indonesia dari Covid-19, termasuk dari ancaman varian baru virus tersebut. Jenis vaksin booster yang diberikan akan berbeda dengan tahun lalu, tergantung dengan ketersediannya. Pemerintah tentunya telah mempertimbangkan pemberian vaksin booster dengan ketersediaan vaksin yang ada tahun ini berdasarkan riset-riset yang telah dilakukan oleh para peneliti.

Sesuai dengan pertimbangan para peneliti, berikut merupakan kombinasi vaksin booster yang telah dikonfirmasi oleh BPOM dan ITAGI. Untuk masyarakat yang vaksin dosis satu dan kedua menggunakan jenis sinovac akan diberikan vaksin jenis AstraZeneca atau setengah dosis Pfizer. Sedangkan bagi masyarakat yang vaksin dosis pertama dan kedua menggunakan jenis AstraZeneca akan diberikan booster setengah dosis Moderna.

“Itu adalah kombinasi awal vaksin booster disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada dan merupakan hasil penelitian yang sudah disetujui BPOM dan ITAGI. Nantinya bisa berkembang berdasarkan penelitian terbaru atau ketersediaan vaksin yang ada,” ungkap Budi dikutip dalam laman Kemenkes.go.id

Selain itu, kombinasi vaksin booster juga sesuai dengan rekomendasi WHO yang menjelasakan bahwa pemberian vaksin booster dapat dilakukan menggunakan vaksin sejenis (homolog) atau berbeda jenis (heterolog), disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada di masing-masing negara.  

“vaksin heterolog dalam beberapa penelitian dalam ataupun luar negeri menunjukkan bahwa peningkatan antibodinya relative sama dengan vaksin booster homolog,” jelasnya.

Mengenai ketersediaan vaksin, Budi mengatakan bahwa pemerintah sudah memiliki ketersediaan yang cukup baik. Selain itu, adanya donasi vaksin dunia melalui kerja sama COVAX dan program kerja sama bilateral juga meningkatkan ketersedian vaksin yang signifikan di Indonesia.[din/ono]

 

Tag : vaksin, booster, vaksinasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat