15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

DPRD Nilai 66 Pejabat Non Job dan Turun Eselon di Tuban Bermuatan Politik

bloktuban.com | Wednesday, 12 January 2022 18:00

DPRD Nilai 66 Pejabat Non Job dan Turun Eselon di Tuban Bermuatan Politik

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban menilai rotasi 530 pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban pada 8 Januari 2022 syarat dengan muatan politik.

Data yang dihimpun dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Tuban, ada 36 pejabat yang non job dan 30 pejabat turun eselon termasuk delapan camat.

Anggota DPRD Tuban, Fahmi Fikroni menilai bahwa proses mutasi jabatan PNS di Pemkab Tuban masih menyisakan masalah karena tidak ada aturan yang memperbolehkan menonjobkan pejabat dan eselon,  baik Peraturan Pemerintah (PP) 11 tahun 2017, PP 17 tahun 2020, permen PRB No. 15 Tahun 2015. Untuk itu, komisi 1 akan melakukan konsultasi ke BKN, Kemenpan RB dan KASN.

Dalam rapat klarifikasi ekskutif hari ini, Komisi 1 masih menunggu jawaban secara tertulis dan data-data ( jumlah pegawai yang nonjob serta berapa yang turun eselon dan naik eselon. Sambil menunggu jadwal DPRD untuk konsultasi ke Kemenpan RB dan KASN.

"Kami berharap untuk segera menempatkan para pejabat yang masih di non jobkan, dan menyesuaikan pejabat pejabat yang di turunkan eselonnya. Kami melihatnya rotasi awal tahun bermuatan politik," imbuh Roni sapaan akrabnya.

Usai rapat dengan DPRD, Sekretaris Daerah (Sekda) Tuban, Budi Wiyana menampik bahwa rotasi ratusan pejabat di era Bupati Aditya Halindra Faridzky karena faktor politik. Alasannya adalah perampingan dan penyesuaian Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) baru.

"Sudah kami sampaikan ke DPRD penyusunan SOTK secara gamblang termasuk rotasi pejabat. Wajar bila ada yang diturunkan eselon bahkan non job karena dinas semakin ramping dan kursinya berkurang," sambung Budi Wiyana.

Birokrat asal Nganjuk menambahkan, SOTK saat ini masih berpeluang dievaluasi kembali dan ditata lagi. Pejabat yang sekarang mengemban amanah akan dipantau kinerjanya. Rotasi kedepannya bagi mereka dapat ke fungsional ataupun struktural.

Dalam PP 11 tentang manajemen ASN, mantan Kepala Bappeda Tuban mengatakan diperbolehkan untuk menonjobkan, menurunkan atau menaikkan eselon bahkan memberhentikan pejabat ASN.

"Penurunan eselon bagi puluhan ASN bukan karena sanksi tapi karena murni perampingan dinas pada SOTK baru," jelasnya.

Adapun nama-nama pejabat yang dinonjobkan ataupun turun eselon, eskskutif bakal mengirimkan secara tertulis kepada DPRD Tuban. [ali/sas]

Tag : dprd, tuban, pemkab, politik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more