20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Begini Modal Awal untuk Ciptakan Sebuah Karya Seni

bloktuban.com | Monday, 10 January 2022 11:00

Begini Modal Awal untuk Ciptakan Sebuah Karya Seni NIAT : Salah Satu Modal Awal untuk Membuat Karya Seni adalah Niat (foto:dina)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Bagi para pegiat seni, memiliki sebuah karya merupakan suatu kepuasan tersendiri dan menjadi pencapaian bagi seorang seniman. Banyak masyarakat yang sebenarnya memiliki ketertarikan terhadap ranah kesenian, namun tidak mengetahui langkah apa saja yang diperlukan untuk mulai membuat sebuah karya seni.

Ir. Widyaka, praktisi seni dan budaya Kabupaten Tuban dalam talkshow Refresh Art Exhibition yang diselenggarakan di Kopi Satu Lokasi Tuban mengungkapkan, modal awal yang dibutuhkan untuk membuat karya seni adalah niatan.

Sebelum itu, untuk membuat sebuah karya seni, harus tahu ranah kesenian apa yang ingin divisualisasikan. 

“Kemudian yang paling penting niatan, ketika ada sebuah niatan yang muncul, hal selanjutnya adalah observasi,” jelasnya.

Observasi yang dimaksud bertujuan untuk mencari bahan pendukung untuk munculnya sebuah karya seni, dan yang pasti adalah berupaya untuk mewujudkan sebuah ide yang telah dimiliki. Pak Wik, sapaannya mengatakan bahwa pada dasarnya untuk awal membuat sebuah karya seni perlu environmental learning process. 

“Ketika masih awam atau baru akan memulai membuat karya, buat sesuatu itu boleh meniru dulu sampai akhirnya nanti bisa membuat karya yang berbeda dari milik orang lain,” paparnya.

Ia melanjutkan, ketika belum sampai pada suatu kreativitas dan inovasi yang baru, maka meniru sebuah karya diperbolehkan, asalkan harus menyadari dan terus berlatih sehingga nantinya bisa menemukan karakteristik karyanya sendiri. 

“Niru dulu nggak apa-apa, tapi harus sadar, nanti lama-kelamaan niru mungkin hanya 10 persen atau bahkan punya inovasi sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Aulina Umaza akademisi budaya Tuban menambahkan bahwa modal awal membuat karya seni selain dibutuhkan rasa ingin tahu yang tinggi. Ia membagikan pengalamannya dahulu ketika ingin membuat seni pertunjukkan terkait cerita Jawa Tempo Dulu.

 Aulina yang memiliki background seni pertunjukkan bercerita bahwa dahulu belum banyak referensi yang didapatkan, terlebih seni pertunjukkan memiliki kaitan erat dengan proses kolektif yang membutuhkan banyak orang dalam prosesnya.

“Pada saat itu proses keingin tahuan itu benar-benar kita rasakan, karena kami harus benar-benar observasi, melakukan survey mendalam terkait dengan kultur, pola lingkungan masyarakat, rumah-rumahnya bagaimana, sampai pada dialek sehari-hari yang digunakan masyarakat,” ceritanya.

Ia melanjutkan, observasi tersebut faktor penting untuk membawa sebuah kultur ke dalam pertunjukkan. Bahkan, akademisi budaya Tuban itu juga bercerita mengalami kejadian aneh karena lupa tidak “permisi” pada leluhur di sana.

“Kadang kita melupakan hal-hal yang bisa dibilang keyakinan, hal yang nggak kita pikirkan dalam proses observasi. Jadi kita sempat kembali juga ke daerah tersebut untuk “meminta ijin” karena banyak kejadian di luar nalar yang terjadi, setelah kita izin itu alhamdulillah sudah tidak ada kejadian aneh,” jelasnya.

Sebab itu, lanjut Aulina, membuat sebuah karya seni merupakan sebuah proses yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Menurutnya, untuk membuat suatu karya tidak serta-merta seenakanya, ketika ingin idealis dan menyampaiakan sesuatu, maka observasi yang dilakukan juga harus semakin mendalam. 

“Bikin seni pertunjukkan itu nguras duit, nguras tenaga, nguras pemikiran. Tapi kalau kita melakukannya dari hati, kita akan menemukan kepuasaan ketika pertunjukkan telah selesai digelar,” ungkapnya.

Ia juga berpesan, jika saat ini sudah memiliki kolektif yang banyak, rasa ingin tahu yang banyak dan bersama-sama punya keinginan untuk membuat karya seni, mak lakukan saat itu juga, jangan ditunda lagi.  [din/ono]

 

Tag : niat, karya seni, observasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat