17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pelaku Balap Liar Dapat Dijerat Hukuman Satu Tahun

bloktuban.com | Saturday, 01 January 2022 13:00

Pelaku Balap Liar Dapat Dijerat Hukuman Satu Tahun BISA DIHUKUM : Pelaku Aksi Balap Liar Bisa Dihukum Sampai Satu Tahun

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Aksi balap liar hampir marak di berbagai wilayah di Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. Sepanjang catatan tahun 2021, Jalan Nasional Soekarno-Hatta menjadi lokasi yang sering dipakai balap liar di Tuban.

Seperti yang terjadi pada pertengahan Desember 2021 lalu. Sekumpulan pemuda sempat memblokir Jalur dan menghentikan kendaraan truk, supaya aksi balap liarnya berjalan lancar.

Balap liar tersebut ternyata terekam video dan viral di sosial media. Admin akun yang menyebarkan video tersebut kemudian dipanggil petugas Polres Tuban untuk dimintai keterangan.

Balapan liar di jalan raya adalah kegiatan yang melanggar hukum. Larangannya diatur dalam Pasal 115 Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Peraturan perundang-undangan tersebut dilansir dari hukumonline.com sudah secara jelas melarang pengemudi kendaraan berbalapan dengan kendaraan bermotor lainnya. Pelanggarnya dapat dijerat pidana kurungan paling lama satu tahun atau denda paling banyak Rp3 juta.

Selain berbalapan dengan kendaraan bermotor lainnya, pengemudi kendaraan bermotor juga dilarang mengemudikan melebihi batas kecepatan paling tinggi yang diperbolehkan.

Tak hanya balapan liar di jalan raya, pelanggar juga dapat dikenakan pasal berlapis karena menimbulkan suara mengganggu pada malam hari. Sesuai Pasal 503 angka 1 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP), pembuat gaduh di malam hari dapat dihukum kurungan tiga hari.

Salah satu kelompok balap lair dan berjanji tidak mengulangi aksinya lagi adalah Komunitas Herek Tuban. Kanit Turjawali Satlantas Polres Tuban, IPTU Jamhari mengatakan pemanggilan ketiga pemilik akun yang sengaja memviralkan aksi balap liar itu supaya menyampaikan kepada masyarakat bahwa balap liar itu dilarang.

"Iya kita panggil mereka, kita buatkan surat pernyataan supaya tidak mengulangi dan tolong kita dibantu untuk menyampaikan ke rekan-rekanya yang lain agar tidak melakukan balap liar," terang Jamhari.

Jamhari juga menyampaikan, hingga saat ini pihak kepolisian masih dalam proses mencari pembalap yang ada dalam video tersebut. Selanjutnya, apabila mereka sudah ditemukan akan dihadirkan ke Polres Tuban. [ali/ono]

 

 

Tag : balap liar, hukuman, sanksi, denda



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat