08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |   05:00 . Update Cuaca 6 Desember 2022: Empat Wilayah Tuban Hari Ini Hujan Petir   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pabrik Semen SBI di Tuban Raih Proper Hijau

bloktuban.com | Saturday, 01 January 2022 11:00

Pabrik Semen SBI di Tuban Raih Proper Hijau PROPER HIJAU : Pabrik Semen SBI di Tuban Meraih Proper Hijau Tahun Ini

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Tak hanya pertahankan peringkat Hijau bagi dua pabrik semennya di Narogong, Jawa Barat, dan Cilacap, Jawa Tengah, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) juga meraih peringkat Hijau bagi pabrik semennya di Tuban, Jawa Timur, serta Lhoknga, Aceh.

Penghargaan itu diraih dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan (PROPER) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia. Pengumuman peraih penghargaan pada Selasa, 28 Desember 2021 lalu secara daring. 

Melalui PROPER, Pemerintah Republik Indonesia memberikan peringkat atas kinerja pengelolaan lingkungan dan pengembangan masyarakat di sekitar area operasional lintasindustri. Bagi pelaku usaha yang mendapat peringkat mulai dari Biru, Hijau hingga Emas, PROPER menjadi bentuk penghargaan tertinggi dari pemerintah. Sedangkan peringkat terbawah adalah Merah dan Hitam. 

Direktur Manufaktur SBI,Lilik Unggul Raharjo mengatakan bahwa pencapaian ini tidak lepas dari komitmen SBI untuk selalu mengedepankan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan pada seluruh kegiatan operasional. 

“Kami memiliki strategi keberlanjutan dan road map untuk mencapai target-target dalam pengembangan solusi-solusi berkelanjutan, pengelolaan lingkungan dan operasional yang efisien (iklim, air dan alam), ekonomisirkular, tanggungjawab sosial perusahaan dan pengembangan sumberdaya manusia. Kami berupaya untuk memberikan nilai tambah dan dampak positif bagi lingkungan dan para pemangku kepentingan dalam setiap matarantai pasokan,” ujarLilik.

Penerapan Teknologi RDF Kini Rambah Sumatra

Sukses dengan penerapan teknologi pengolahan sampah perkotaan menjadi Refuse-Derived Fuel (RDF) di Jakarta dan Cilacap, SBI memperluas penerapan solusi ini hingga ke Sumatra yang ditandai dengan penandatanganan kerjasama dengan Pemerintah Aceh untuk pengelolaan sampah di TPA UPTD BPSR DLHK Aceh, di Gampong Data Makmur, Kecamatan Blangbintang, Aceh Besar. 

RDF yang dihasilkan nantinya akan dimanfaatkan sebagai substitusi batu bara pada proses produksi semen di pabrik Lhoknga, Aceh. RDF merupakan teknologi pertama di Indonesia yang menjadi solusi pengolahan sampah melalui proses pengeringan secara biologi untuk bahan bakar alternatif. 

Fasilitas RDF pertama yang berlokasi di Cilacap, Jawa Tengah, kini telah mampu mengelola hingga 150 ton sampah menjadi RDF untuk substitusi penggunaan batu bara sebagai bahan bakar di pabrik semen SBI di Cilacap. 

Melalui beragam inisiatif seperti penggunaan bahan bakar alternatef hingga 11,5 persen TSR (thermal substitution rate) dan efisiensi energi, SBI berhasil mencapai penurunan 15 persen emisi CO2spesifik perton semen (baseline 2010).  SBI juga telah memulai studi penyerapan CO2 dengan microalgae dan beberapa program untuk efisiensi dan optimalisasi operasional yang berbasis digital.[ono]

 

 

 

Tag : pabrik semen, sbi, proper hijau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat