21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bupati Tuban Butuh Waktu Dua Hari Turunkan PPKM Jadi Level 1

bloktuban.com | Monday, 27 December 2021 13:00

Bupati Tuban Butuh Waktu Dua Hari Turunkan PPKM Jadi Level 1 Foto tangkapan layar youtube Diskominfo Tuban

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Jumlah kabupaten/kota di Jawa Timur yang berubah statusnya menjadi level 1 dalam perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) terus bertambah. Sebelumnya ada 13 wilayah yang masuk level 1 dan sekarang bertambah menjadi 20 kabupaten/kota, Senin (27/12/2021).

Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik masih bertahan di level 1 dan disusul kabupaten/kota lainnya seperti, Pacitan, Ngawi, Kota Probolinggo, Kota Malang, Kota Batu, Kabupaten Kediri, Tuban, Malang, dan Bojonegoro.

Sesuai Intruksi Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavia nomor 67 tahun 2021 tentang PPKM level 3, level 2, dan level 1 Covid-19 di wilayah Jawa Bali diperpanjang hingga 3 Januari 2022. Inmendagri tersebut ditandatangani Tito pada 13 Desember 2021.

Di balik turunnya status PPKM Tuban yang semula level 3 ke level 1, ada dua hal pemicunya. Sebab tersebut diungkap oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky saat melaunching 311 desa digital di Desa Sugihan, Kecamatan Jatirogo beberapa waktu lalu.

Bupati Halindra mengatakan dua faktor yang dimaksud adalah data dan aplikasi. Selama ini dia baru menemukan bahwa data vaksinasi diwilayahnya tidak sinkron, sehingga sulit untuk ditarik dari level desa, kecamatan hingga kabupaten.

"Datanya semrawut semua vaksinasi. Akhirnya dirinya bersama Kapolres, Dandim 0811 dan Ketua DPRD merapatkan diri bisa menurunkan status PPKM ke level 1. Ini gara-garanya data dan aplikasi yang terlalu banyak," ujar Bupati muda yang berusia 29 tahun itu.

Hal tersebut menunjukkan bahwa, Kabupaten Tuban selain harus fokus ke masalah informasi teknologi (IT) juga fokus ke websitenya. Ia berharap Tuban kedepannya memakai satu aplikasi yang bisa diadopsi untuk semua pihak.

"Makanya pentingnya Tuban Satu Data dan butuh bantuan 311 kepala desa. Pemerintah tidak bisa mengupdate data bila tidak dibantu oleh kepala desa," pinta Bupati yang juga Ketua DPD Golkar Tuban.

Ia mencontohkan lagi tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM), setelah datanya diupdate dan aplikasinya diefesiensikan IPM bisa naik 1,6 persen. Capaian ini belum secara maksimal di lakukan, dan temuannya IPM ini masih menggunakan data 1980-an.

Data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Tuban bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Tuban tahun 2021 mencapai 68,91, meningkat 0,51 poin (0,75 persen) dibandingkan capaian tahun sebelumnya (68,40).

Eko Mardiana, Kepala BPS Kabupaten Tuban dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, peningkatan IPM Kabupaten Tuban 2021 terjadi pada semua dimensi, baik umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Hal tersebut berbeda dengan peningkatan IPM 2020 yang hanya didukung oleh peningkatan pada dimensi umur panjang dan hidup sehat dan dimensi pengetahuan. Sedangkan dimensi standar hidup layak mengalami penurunan.

Pada 2021, dimensi hidup layak yang diukur berdasarkan rata-rata pengeluaran riil per kapita (yang disesuaikan) meningkat 1,39 persen.

"Sempat mengalami perlambatan kenaikan pada tahun 2020 karena pandemi COVID-19, peningkatan IPM Tuban sudah kembali membaik pada tahun 2021 seiring dengan perbaikan kinerja ekonomi yang berpengaruh positif terhadapindikator konsumsi riil per kapita," ujar Eko Mardiana dalam keterangan tertulisnya.

Seiring dengan status Tuban yang saat ini PPKM level 1, juga berbanding lurus dengan nihilnya hasil corona menjelang pergantian tahun 2021 ke 2022. Dimana nol kasus baru, noil angka kesembuhan, nol kematian, dan nol pasien yang dirawat. Sesuai data yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban pada Minggu (26/12), kasus confirm di Kabupaten Tuban 7566 orang, confirm sembuh 6636 orang, confirm meninggal 930 orang, dan confirm masih di rawat/di pantau 0 orang. [ali/col]

 

Tag : PPKM, level, Covid



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat