Tingkatan Ekonomi Masyarakat Pesisir, EMCL dan LBI  Lunching Pojok Ekonomi Desa Karangagung

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - BUMDes Bahari Sejahtera Karangagung kecamatan Palang melaksanakan launching Pojok Ekonomi “Sepoy kaffe & shop”. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari program peningkatan ekonomi masyarakat pesisir yang didukung oleh SKK Migas ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) dan difasilitasi oleh Lentera Bahari Institute (LBI).

Ketua LBI, Harun Prasetyo menuturkan, Pojok Ekonomi “Sepoy kaffe & shop” tersebut merupakan unit usaha baru untuk BUMDes Bahari Sejahtera. Tempat ini adalah terobosan baru bagi BUMDes di lingkup Kecamatan Palang juga sampai pada lingkup kabupaten Tuban.

"Unit dagang baru pojok ekomoni yang berupa Kaffe dan toko hasil olahan laut produk lokal dari desa karangagung," terang Harun, Mingu (19/12/2021).

Toko ini juga hadir dalam aplikasi Ecommerce Shopee dan Tokopedia. Sebab, menurut dia, sudah saatnya produk-produk dari masyarakat desa Karangagung juga dipasarkan melalui internet dan terobosan lainnya.

"Pelaksanaan program ini adalah wujud dari keseriusan pelaksanaan program pengembangan masyarakat di bidang pengembangan ekonomi untuk peningkatan ekonomi masyarakat
pesisir oleh LBI bersama EMCL," tegasnya.

Dengan adanya Pojok Ekonomi Sepoy kaffe & shop diharapkan dapat memberdayakan masyarakat desa Karangagung dan juga dapat memasarkan produk-produk unggulan desa dengan bentuk pemasaran yang lebih kekinian.

Dalam acara itu juga disampaikan tentang kampanye untuk tidak mendekati area zona terlarang FSO Gagak Rimang, oleh ketua LBI sebagai lembaga pelaksana program peningkatan ekonomi di desa Karangagung.
 
Kampanye tersebut terus disuarakan oleh EMCL demi keselamatan bersama. “Ojo Parek-Parek FSO Gagak Rimang” adalah slogan yang disampaikan kepada seluruh nelayan untuk tetap patuh pada zona keamanan FSO Gagak rimang.

"Acara ini sebagai puncak Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir yang dislenggarakan oleh LBI bersama EMCL. Acara peresmian kemudian oleh Desa Karangagung disambut dengan melaksankan acara Festival produk unggulan desa selama 3 hari," katanya panjang lebar.

Data yang dihimpun blokTuban.com serah terima dan peresmian dilaksanakan pada pukul 9.00 WIB di area sepoy kaffe & shop alun-alun desa Karangagung. Acara hari ini dihadiri oleh Perwakilan dari Badan Penganggaran Daerah (Bapeda), Dony Wahyudi dan Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Setiawan.

Dari pihak EMCL hadir di lokasi, Beta Wicaksono, Rifqi Romadhon, dan Nadila. Sementara itu dari pejabat Forkopimca tampak, Camat Palang Rohmad didampingi Kapolsek Palang Akp. Simon Triono, dan NdanRamil Palang, Kapten Infantri Prayitno.

Selain itu hadir pula Kepala Desa Karangagung Aji Agus Wiyoto dan beberapa undangan dari lembaga-lembaga desa Karangagung di antaranya, Pengawas dan Pengurus BUMDes Bahari Sejahtera, PR NU, PR Muhammadiyah, BPD, LPMD, Rukun Nelayan, dan Karangtaruna. [rof/mu]