10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kenalkan Produk Khas, Pemkab Tuban Gelar Batik Tuban Mural Festival

bloktuban.com | Sunday, 19 December 2021 09:00

Kenalkan Produk Khas, Pemkab Tuban Gelar Batik Tuban Mural Festival Sejumlah pemuda tengah asyik mural batik tulis di kawasan GOR Tuban. (Foto: bloktuban.com/Dina)

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban yang ke-728, Pemerintah Kabupaten Tuban menyelenggarakan Batik Tuban Mural Festival pada Minggu (19/12/2021) di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga.

Lomba batik mural tersebut diikuti sebanyak 124 peserta yang terbagi ke dalam 40 grup dari tingkat pelajar maupun masyarakat umum. Dalam kegiatan tersebut turut serta hadir Bupati Kabupaten Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Dandim 0811, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, beserta Kepala OPD terkait.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya menyebutkan bahwasanya dalam lomba mural ini peserta memang berkelompok yang mana setiap kelompok maksimal terdiri dari empat orang.

Dalam setiap kelompok sudah ditentukan pula motif batik yang harus dimural. Agus mengungkapkan motif batik yang telah ditentukan semuanya sudah mendapatkan hak paten. “Kita sudah sampaikan saat Technical Meeting bahwa 40 motif batik yang dilombakan sudah mendapatkan hak paten,” jelasnya.

Ia melanjutkan, tujuan dari diselenggarakan acara ini adalah untuk menanamkan kecintaan terhadap batik tulis Tuban yang sudah dimiliki dan untuk mengenalkan batik ke kalangan pemuda, khususnya para milenial.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, dari Pemkab Tuban akan turut serta mensupport kearifan lokal Tuban, salah satunya dengan menggunakan batik tulis bagi seluruh jajaran pemerintah Kabupaten Tuban.

“Kalau bisa sepatunya juga hasil dari UMKM Kabupaten Tuban, saya juga berpesan bukan hanya dari satu UMKM tapi bisa menyeluruh se-Kabupaten Tuban,” jelas Bupati muda berusia 29 tahun itu.

Ketua DPD Partai Golkar tersebut juga mengungkapkan bahwasanya di ruang-ruang publik, seperti di GOR dan Taman Sleko sudah disiapkan sebuah space tembok untuk berkarya. “Di sana sudah ada lembaran tembok yang memang disediakan untuk teman-teman berkarya mural batik, tetapi harus berciri khas kearifan lokal Kabupaten Tuban,” terangnya.

Mas Bupati juga berpesan kepada seluruh jajaran pemerintahan bahwa kearifan lokal Tuban harus segera ditingkatkan dan dipromosikan dari banyak sisi. “Rangkaian acara pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Tuban ini untuk mengukur seberapa besar potensi yang dimiliki dari berbagai macam sektor yang ada di Kabupaten Tuban,” paparnya.

Diketahui, penilaian lomba mural akan dilakukan oleh dewan juri yang melibatkan pelaku seni Kabupaten Tuban. Juara pada lomba mural akan diumumkan pula pada hari ini, yakni 3 juara kategori umum dan 3 juara untuk kategori pelajar.

“Penyerahan hadiahnya diserahkan minggu depan pada upacara Hari Ibu pada tanggal 23 Desember,” tutup Agus. [din/col]

 

 

Tag : Pemkab, batik, mural



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more