10:00 . Berakhir 5 Juni 2022, Segera Daftarkan Diri di Program Kampus Mengajar Angkatan 4   |   09:00 . Subsidi Minyak Goreng Berakhir 31 Mei, Tiga Pilar Jatirogo Cek Stok di Pasar Tradisional   |   08:00 . Bahaya Makan Mie Instan yang Perlu Diwaspadai, Hindari Mengonsumsinya Terlalu Sering   |   18:00 . Sejumlah Nelayan Palang Nekat Melaut Meski Ancaman Ombak Tinggi   |   17:00 . Info Grafis : Fakta Banjir Rob di Tuban   |   16:00 . 593 CJH Latihan Manasik Haji di Lapangan Perumdin SIG Ghopo Tuban   |   15:00 . Wabah PMK Merebak, Penjualan Daging Sapi di Plumpang Masih Stabil   |   14:00 . Waspada! Angka Kasus PMK di Tuban Naik, Sapi Terinfeksi Menyebar di 14 Kecamatan   |   13:00 . Jasad Nelayan Lamongan Ditemukan Mengapung di Perairan Tuban, Ini Identitasnya   |   12:00 . 5 Perguruan Silat Jenu Komitmen Ciptakan Suasana Kondusif di Kawasan Industri   |   11:00 . Sesalkan Pembangunan Jembatan Glendeng Buru-buru, KNPI: Pemkab Tuban Rugikan Pengguna Jalan   |   10:00 . Sampah Meluber Pasca Banjir Rob, Pedagang di Pantai Magrove Tuban Mulai Bersih-bersih   |   09:00 . Fasilitas Olahraga di Tuban Rusak Diterjang Ombak, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta   |   08:00 . Ini Keunggulan Bumbu Dapur Menjadi Bahan Herbal Sebagai Obat Batuk   |   19:00 . Kandang Rusak Diterjang Banjir Rob, Peternak Ayam Aduan Rugi Rp10 Juta   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bupati Tuban Halindra Minta Jajarannya Tidak Ada Ego Sektoral Mewujudkan Smart City

bloktuban.com | Wednesday, 15 December 2021 17:00

Bupati Tuban Halindra Minta Jajarannya Tidak Ada Ego Sektoral Mewujudkan Smart City

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menerima penghargaan Implementasi Program Smart City kategori Smart Governance menuju Smart City dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, Selasa (14/12/2021). Penyerahan penghargaan dilakukan bersamaan dengan kegiatan Indonesia Smart City Conference, Forum Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Pameran Smart City, di ICE BSD Tangerang.

Bupati Halindra menyampaikan terima atas penghargaan yang diberikan. Capaian ini menjadi motivasi bagi Pemkab Tuban guna mempercepat pelaksanaan smart city kabupaten Tuban. “Sejalan dengan salah satu misi Pemkab Tuban, yaitu Memantapkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Baik, Profesional, Transparan, Akuntabel dan Sistem Pengawasan yang Efektif,” ungkap Bupati Halindra dalam keterangan resminya, Rabu (15/12/2021).

Putra dari mantan Bupati Tuban, Haeny Relawati Rini Widyastuti menyatakan akan menindaklanjutinya dengan melakukan koordinasi lintas sektoral. Pemkab Tuban juga kan menguatkan kolaborasi antar OPD.

"Tidak ada lagi ego sektoral. Semuanya saling dukung dalam mewujudkan smart city,” tegas Ketua DPD Golkar Tuban.

Dengan diterapkannya konsep smart city di Kabupaten Tuban, diharapkan mampu mendukung pemerintah dalam memberikan pelayanan publik lebih optimal dan mampu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.

Kepala Diskominfo Kabupaten Tuban, Arif Handoyo mengatakan Diskominfo bersama OPD terkait tengah melengkapi data dukung terhadap penerapan smart city.

Dalam pengaplikasiannya, terdapat sejumlah item yang awalnya perlu  dikembangkan. Setelah dilakukan evaluasi pengembanganya harus terintegrasi dan  melibatkan banyak OPD.

Mantan Kabag Hukum Pemkab Tuban ini menambahkan saat ini tengah diadakan pembahasan mengenai penyusunan regulasi sebagai payung hukum atas pelaksanaan Smart City di kabupaten Tuban. "Sekaligus akan disusun petunjuk teknis pada tiap poin yang terkandung didalamnya," ujarnya.

Dalam acara tersebut, Menteri Johnny didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani Pangerapan; Direktur Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika, Ismail dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi, Anang Latif.

Menkominfo, Johnny G. Plate mengungkapkan pengembangan smart city atau kota cerdas yang diinisasi melalui Gerakan Menuju 100 Smart City harus juga mendukung berbagai program prioritas lainnya untuk bermigrasi ke ruang digital. Pengembangan smart city yang optimal, khususnya dalam mendukung industri pariwisata memerlukan berbagai prasarana penunjang yang harus dipenuhi, termasuk ketersediaan jaringan listrik, infrastruktur konektivitas, sarana transportasi yang dapat diandalkan hingga sumber daya  manusia yang cakap.

“Salah satu aspek penting dalam mengembangkan smart city adalah dengan memiliki kemampuan di bidang digital yang mumpuni. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo mengembangkan kapabilitas, pengetahuan, keahlian digital salah satunya melalui Program Digital Leadership Academy (DLA) tahun 2021,” jelasnya.

Menteri Johnny mengajak  pimpinan pemerintah daerah baik dari tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk mengambil bagian dalam program DLA. Guna meningkatkan upaya pengembangan smart city, Menkominfo menekankan perlunya sinergi dan kolaborasi seluruh pemangku kepentingan dan pihak-pihak terkait lainnya. Mencakup lintas kementerian, lembaga negara, negara-negara sahabat yang mana perwakilannya pun turut hadir dalam kesempatan ini demi pengembangan smart city yang lebih akseleratif di Indonesia. [ali/sas]

Tag : smart, city, tuban, pemkab, dla



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 25 May 2022 14:00

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban

    PDKI Terus Kawal Pembangunan Industri di Tuban Tuban merupakan rumah bagi industri besar skala nasional dan multinasional didalamnya. Sepanjang tahun 2020 realisasi penanaman modal asing (PMA) di Tuban mencapai 5,9 triliun rupiah yang menempatkan Tuban sebagai penyokong...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more