15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Angin Puting Beliung Menerjang Dua Desa di Tuban, Belasan Rumah dan Puluhan Pohon Rusak

bloktuban.com | Wednesday, 15 December 2021 12:00

Angin Puting Beliung Menerjang Dua Desa di Tuban, Belasan Rumah dan Puluhan Pohon Rusak Rumah milik Yudi rusak berat dan tidak bisa ditinggali sementara waktu. (Foto: blokTuban.com/Ali Imron)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Angin putting beliung telah menerjang dua desa di Kabupaten Tuban yaitu Desa Tahulu dan Kapu, Kecamatan Merakurak pada Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 16.00 WIB. Akibat bencana ini kurang lebih belasan rumah dan 60 pohon rusak.

Lokasi putting beliung atau angin lesus mengamuk pertama di Dusun Bancang RT 01 RW 08 Desa Tahulu. Berdasarkan catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, ada empat rumah rusak berat, rusak sedang tiga rumah, dan rusak ringan dua rumah.

Salah satu korban puting beliung adalah Klumpuk (48). Rumahnya yang berukuran 6x8 meter dengan dinding bambu dan beralaskan tanah hancur sebagian, setelah pohon Nangka besar setinggi tujuh meter roboh tepat di bagian dapurdan kamar.

Ia terkaget dan badannya gemetar mengetahui rumahnya yang dulu sebagian direhab oleh pemerintah rusak. Padahal ia berencana mengganti dinding rumahnya dengan tembok, tapi sekarang hancur lebih dulu.

“Rencana mau saya ganti dengan tembok, tapi sudah hancur sekarang setelah tertimpa pohon Nangka,” ucap Klumpuk perempuan berkulit sawo matang yang sudah keriput di belakang rumahnya kepada reporter blokTuban.com, Rabu (15/12/2021).

Meskipun memiliki seorang anak perempuan yang sudah menikah, Klumpuk tetap semangat membersihkan sisa reruntuhan pohon dan rumahnya sendirian. Semenjak ditinggal suaminya beberapa tahun lalu, ia harus bekerja keras untuk bertahan hidup.

“Sejak Subuh tadi sudah mulai motong pohon Nangka sendirian. Anak-anak pada kerja serabutan,” katanya.

Ia berharap ada sedikit bantuan untuk meringankan bebannya setelah terdampak putting beliung. Seingatnya sering ada angin lesus, tapi baru sekarang terparah yang menyebabkan rumahnya dan tetangganya hancur.

Senada diungkapkan Takrun (35) tetangga Klumpuk. Bapak dari satu anak tersebut masih bersyukur karena buah hatinya saat terjadi angin puting beliung berada di rumah mertuanya.  

“Biasanya bermain di rumah, tapi entah kenapa kemarin pasa hujan lebat dan angin si kecil tidak di rumah,” sambungnya sembari menunjuk bagian atap rumahnya yang rusak parah.

Bencana angin lesus menurut, warga lain bernama Kaslan (52) baru sekali ini yang paling besar. Sebelum-sebelumnya hanya angin biasa, tidak sampai merusak rumah dan menumbangkan pohon jati.

“Kalau rumah Alhamdulillah aman, tapi 25 batang pohon jati di kebun rusak semua,” bebernya.

Beberapa rumah yang rusak akibat angin lesus, Kaslan kasihan dengan Yudi sebab rumahnya hancur tidak bisa ditempati lagi. Semalam Yudi dan keluarganya dikabarkan mengungsi di rumah saudaranya.

Kepala BPBD Tuban, Yudi Irwanto menjelaskan bahwa bencana di Desa Tahulu telah diasesment oleh tim Rehabilitasi Rekontruksi (RR). Tim juga melakukan upaya penanganan atau evakuasi pohon tumbang yang menutup akses jalan desa.

“Assesmen dan evakuasi pohon dilakukan BPBD bersama pegawai Kecamatan Merakurak, Polsek, Babinsa, Perangkat Desa dan masyarakat sekitar. Total kerugian material kurang lebih Rp140.000.000” sambung Yudi kepada blokTuban.com terpisah.

Sementara itu, pantauan blokTuban.com di Dusun Tegalpelem, Desa Kapu, Merakurak menurut keterangan warga lebih dari 15 rumah rusak berupa gentingnya  rontok.

Hujan deras disertai angin lesus terjadi sangat cepat, tidak lebih dari 2 menit tapi langsung menerjang rumah-rumah warga dan pepohonan.

“Di Dusun Tegalpelem lebih dari 15 rumah dan jumlah pohon tumbang tidak terhitung,” ungkap Nurus Saadah (29) warga Desa Kapu saat ditemui di lokasi. [ali/ ]

 

Data BPBD Tuban sembilan rumah di Desa Tahulu yang Terdampak :

1. Nama               : Waris

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Umur                   :  32  Thn

Alamat              :Dsn Bancang Rt 01 Rw 08 Desa Tahulu Kec Merakurak

Ukuran  Rumah : 6x9

Ukuran  Kandang :  4x6

Keterangan : Rusak Berat

 

2. Nama                : Yudi

Jenis Kelamin  : Laki-Laki

Alamat :Dsn Bancang Rt 01 Rw 08 Desa Tahulu Kec Merakurak

Ukuran Rumah : 6x9

Ket : Rusak Berat

 

3. Nama              : Klumpuk

Jenis Kelamin : Perempuan

Umur                   : 48 Thn

Alamat               : Dsn Bancang Rt 01 Rw 08 Desa Tahulu Kec Merakurak

Pekerjaan     : Petani

Ukuran Rumah : 6x8

Ket : Rusak Berat

 

4. Nama              : Nurhadi

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Umur                  : 39 Thn

Alamat : Dsn Bancang Rt 001 Rw 008 Desa Tahulu Kec Merakurak

Ukuran Rumah:  8x8

Ket : Rusak Berat

 

5. Nama               : Wiji

Jenis Kelamin :Laki-Laki

Umur                   : 55 Thn

Alamat              : Dsn Doroduwor Rt 001 Rw 008

Desa Tahulu Kec Merakurak

Pekerjaan : Tani

Ket : Rusak Sedang

 

 

6. Nama               : Takrun

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Umur                   : 37 Thn

Alamat               : Dsn Bancang Rt 01 Rw 08 Desa Tahulu Kec Merakurak

Pekerjaan :Tani

Ket : Rusak Sedang

 

7. Nama             : Darko

Umur                   :45 Thn

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Pekerjaan        : Tani

Rumah Sebagian Dan Kandang Uk : 4x4

Ket : Rusak Sedang

 

8. Nama              : Kolik

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Umur                   : 44 Thn

Alamat               :Dsn Bancang Rt 01 Rw 07 Desa Tahulu Kec Merakurak

Pekerjaan       :Tani

Ket : Rusak Ringan

 

9. Nama           : Muhammad Arifin Suhendra

Jenis Kelamin : Laki-Laki

Alamat         : Dsn Bancang Rt 001 Rw 008  Desa Tahulu Kec Merakurak

Umur             : 27 Thn

Ukuran  Rumah 6x12 M

Ket : Rusak Ringan

 

 

Tag : angin, tahulu, kapu, merakurak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat