Berbagai Komunitas Tuban Ramaikan Acara Car Free Day untuk Galang Dana Semeru

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Terjadinya bencana alam Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur menjadikan semua kalangan bergotong-royong untuk membantu warga korban letusan Gunung Semeru. Termasuk berbagai komunitas yang ada di Kabupaten Tuban.

Umi Hani, pencetus galang dana untuk Gunung Semeru yang merupakan anggota Pusat Informasi Car Free Day mengatakan sudah seringkali melakukan kegiatan sosial, seperti galang dana. "Sebenernya saya ngajak kenalan-kenalan aja, jadi kita galang dana bareng. Kebetulan saya dulu anak dance jadi tiap ada bencana gitu kita emang biasa galang dana bareng," ujarnya pada Minggu (12/12/2021).

Perempuan 21 tahun tersebut mengaku sudah seringkali melakukan aktivitas sosial seperti galang dana, mulai dari tahun 2018. "Sekarang sudah yang ke-4 kalinya kita galang dana, pernah galang dana yang di Donggala, Palu tahun 2018, 2019 juga ada, terus 2020 itu kita galang dana tapi untuk disabilitas," jelasnya.

Dalam acara galang dana tersebut terdapat 5 penampilan, antara lain dance cover, break dance, beatbox, akustik, dan tari tradisional.

"Alhamdulillah ini temen-temen antusias semua. Biasanya lebih banyak dan lebih pagi dari ini, tapi ini baru banget mulai jam setengah delapan acaranya," jelasnya.

Umi menjelaskan hasil donasi akan disalurkan langsung ke Lumajang bersama beberapa partner, seperti Ikatan Solidaritas Tuban (IST), Tuban Creative Hub, Tuban Reptil Community, dan lain-lain.

"Partner kita banyak sebenernya, ini nanti yang menyalurkan dari IST, berupa uang langsung karena dapat kabar dari yang di Semeru kalau bantuan berupa barang sudah overload," terangnya.

Nadia, dari Sanggar Kembang Melati mengatakan ikut meramaikan performance tari tradisional untuk acara galang dana semeru. "Kita nggak bikin stand sendiri jadi gabung di sini  untuk acara galang dana semeru itu, ini juga ada banyak komunitas yang akan tampil," ungkapnya. [din/rom]