Gabungan Pelestari Lagu Lawas Tuban Galang Dana untuk Korban Semeru

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Komunitas Jiwa Nusantara, yakni pelestari lagu-lagu Koesplus bersama Sweet memories (pelestari lagu-lagu jaman dulu), Fokal '79 (Forum Komunikasi Alumni SMA Negeri tahun 1979) dan Komunitas Penikmat Kopi mengadakan menggalang dana untuk bencana alam Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Selain komunitas tersebut, Barber Tuban Community juga mengadakan cukur rambut gratis untuk ikut memeriahkan acara donasi yang diinisiasi oleh Jiwa Nusantara tersebut. 

Hari Sunarso, Ketua Jiwa Nusantara sekaligus koordinator Fokal' 79 Tuban mengungkapkan  sudah seringkali melakukan kegiatan sosial untuk membantu korban-korban bencana alam. 

"Kita galang dana dua hari, mulai dari Sabtu malam kemarin di GOR juga. Sampai hari ini Fokal'79 sudah mengumpulkan donasi mencapai 10 juta, yang Fokal'79 dari luar kota kirim ke bendahara kita," ujarnya.

Pria 62 tahun tersebut mengaku akan meyalurkan bantuan secara langsung ke Baznas Lumajang. Total donasi yang dikumpulkan oleh gabungan pelestari lagu-lagu lawas tersebut pada Minggu (12/12/2021) mencapai kurang lebih 16 juta rupiah.

"InsyaAllah saya ikut menyalurkan langsung, bantuan akan didonasikan berupa uang karena mendapat info bahwa bantuan sembako di sana sudah penuh sehingga disarankan uang saja untuk membantu pasca bencana," ujarnya. 

Ia melanjutkan, meskipun bantuan tersebut tidak seberapa semoga bermanfaat dan mampu meringankan korban-korban bencana yang sedang kesulitan di sana. [din/col]