50 Pelajar di Kerek Ikuti Seminar TIK 'Membangun Milenial Kokoh di Era Digital'

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ronggolawe Tuban menggelar kegiatan seminar Teknologi dan Informatika (TIK) bagi pelajar. Kegiatan itu digelar di gedung SMP Negeri 1 Kerek dengan mengusung tema 'Membangun Milenial Kokoh di Era Digital'.

Dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang Informatika dan Teknologi (IT), Afrizal Rizkillah Ketua Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) Kabupaten Tuban. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari pelajar SMP/MTs SMA/MA se-Kecamatan Kerek beserta pembina, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan yang didanai langsung oleh CSR PT. Semen Indonesia itu dibuka langsung oleh Community Devlopment Officer (CDO), Andik Sutikno. Pada kesempatan itu, Andik mengtakan, seminar yang dilaksanakan ini sesuai dengan perkembangan era digital saat ini.  pasalnya pesatnya arus informasi yang mudah diakses melalui jejaring internet  diperlukan edukasi dalam menggunakan internet terutama media sosial.

"Kita berharap dengan adanya pelatihan seperti ini setidaknya mampu memberikan kontribusi terhadap pendidikan bersosial media khususnya bagi generasi pelajar yang masih punya masa depan panjang. Sehingga terbentuk pondasi-pondasi kokoh dan bijak dalam mengkonsumsi internet," jelas Andik.

Ditempat yang sama, Camat Kerek yang diwakili pleh PLT Kasi Trantib, Saifudin menyampikan, pentingnya pendidikan digital di era sekarang. "Dengan adanya pelatihan ini saya berharap peserta dapat mengambil ilmu yang sampaikan oleh pemateri serta menerapkannya dalam lingkungan masing-masing agar program literasi digitak yang digaungkan pemerintah pusat dapat terwujud dan terlaksana" harapnya.

Sementara itu, Ketua KIM Ronggolawe Chusnul Huda berharap kepada pihak Semen Indonesia untuk selalu mendukung rangakaian kegiatan KIM, pasalnya KIM sebagai elemen bawah dari Kekominfo yang sah dan legal dasar hukumnya turut andil dalam kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan TIK.

"Saya berharap dukungan dari Semen Indonesia terus mengalir,karena dalam waktu dekat ini agenda pelatihan digital bagi para Ibu-ibu pendidik PAUD dan TK sudah menanti dukungan dari pihak Semen Indonesia," ujar pria yang juga wartawan Pemkab Tuban tersebut.

Narasumber dari KIM Ronggolawe, Ari Megantara pada kesempatan itu mengupas tuntas tentang pentingnya literasi digital. Dalam pemaparan materinya pria yang juga tergabung dalam anggota RTIK Tuban itu menegaskan pentingnya etika digital dalam bersosial media.

"Dari keempat pilar kerangka literasi digital, etika digital merupakan pilar pokok dalam berselancar dalam dunia maya terlebih media sosial, soalnya etika digital adalah tolak ukur kecerdasan dan kebijakan kita dalam mengendalikan media," ungkapnya.

Sedangkan Afrizal Rizkillah dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi dengan tema 'Muda, Kreatif dan Cerdas di Ruang Cyber'. Di akhir acara panita membagikan puluhan doorprize kepada para peserta yang sebelumnya dilakukan tanya jawab antara peserta dengan narasumber.[hud]