Kekompakan Bupati Tuban Halindra dan TPPI, Gowes hingga Main Bola Bareng

Reporter: Ali Imron
 
blokTuban.com - Ada banyak cara untuk menjaga kekompakan dan kondusifitas di sebuah daerah, salah satunya dengan  olahraga bersama. Hal itulah yang terjadi antara Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, bersama Kapolres Tuban, AKBP Darman dan Dandim 0811, Letkol Inf Viliala Romadhon melakukan gowes bersama direksi dan pegawai PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) pada Minggu, (21/11/2021) pagi.
 
Serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT TPPI ke-26, diikuti dengan penyerahan santunan kepada anak yatim di Masjid At- Taqwa di Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding. Kepedulian tersebut menjadi rutinitas TPPI yang beroperasi di Desa Remen, Kecamatan Jenu.
 
Tidak terlalu panjang rute yang dipilih. Bupati Tuban bersama rombongan melintasi Desa Bejagung, Prunggahan Kulon, Goa Kancing, dan finish di Kompleks Tuban Sport Center (TSC) Kelurahan Widengan, Kecamatan Semanding.
 
Usai melakukan gowes, Bupati Tuban juga menyempatkan diri mengikuti pertandingan bola antar pegawai TPPI di Stadion Bumi Wali Tuban (SBWT). Keintiman tersebut menjadi tanda bahwa Forkopimda dan TPPI siap bersama-sama membangun Kabupaten Tuban.
 
Bupati Halindra mengungkapkan, kolaborasi dan sinergi yang terljalin semata-mata demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tuban.
 
Keberadaan TPPI telah banyak berkontribusi kepada Kabupaten Tuban, salah satunya melalui program pemberdayaan dan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan. Mulai dari sektor pendidikan, kesehatan, hingga lain sebagainya.
 
"Saya harapkan TPPI tetap mampu berkontribusi terhadap pembangunan di Kabupaten Tuban. Bersama Pemkab Tuban dapat bersinergi dengan optimal mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” tuturnya.
 
Bupati Halindra yang juga Ketua DPD Golkar Tuban menyatakan, hasil produksi TPPI menjadi penopang kebutuhan energi nasional. Di usianya ke-26 tahun, TPPI diharapkan mampu menjadi yang terdepan dalam mewujudkan kemandirian energi nasional. Sekaligus mampu menciptakan industri terintegrasi dengan Kilang Minyak Tuban.
 
“Oleh karena itu, harus mampu meningkatkan produksi dan kinerjanya,” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur TPPI, Erwin Widiarta menerangkan penyelenggaraan gowes dan pertandingan sepakbola tersebut adalah untuk meningkatkan kebersamaan antar pegawai dan direksi TPPI. Sekaligus menguatkan jalin kerjasama antara Pemkab Tuban dan TPPI.
 
Erwin Widiarta menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemkab Tuban selama ini dalam mendukung operasional dan produksi TPPI. “Harapannya, hubungan yang telah terjalin dapat terus terjaga,” katanya.
 
PR & CSR Section Head PT TPPI Tuban, Taheran Sidik Prabowo, ST.MM sekaligus tergabung dalam pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Tuban menambahkan bahwa selama ini CSR TPPI fokus pada peningkatan mutu pendidikan, kompetensi dan pemberdayaan masyarakat, kesehatan, penghijauan, dan pembinaan beberapa cabang olahraga.
 
Sehari sebelumnya pada Sabtu (20/11), di hadapan komisaris dan direksi Pertamina dan PLN di Istana Negara yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Presiden RI Joko Widodo meminta Pertamina untuk segera mempercepat proyek TPPI yaitu pembangunan project Olefin.

Proyek TPPI, lanjut Jokowi mampu menghasilkan berbagai macam turunan petrokimia yang menjawab kebijakan substitusi impor Indonesia. Banyak masalah di Indonesia yang selesai khususnya impor produk aromatik yang akan dapat memperbaiki neraca keuangan negara.  
Pembangunan TPPI olefin Complex bertujuan untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik. Tidak menutup kemungkinan melahirkan industri-industri hilir yang akan membangun pabrik disekitar kawasan TPPI.

Adapun rangkaian HUT TPPI Tuban ke-26 berlangsung dua hari mulai tanggal 20 -21November 2021. Diwarnai kegiatan bersih pantai, tanam pohon, olahraga gowes, futsal, sepakbola persahabatan, santunan anak yatim dan dhuafa, pemotongan tumpeng, dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba. [ali/mu]