17:00 . Luka-Luka, Korban Tabrak Lari di Temandang Jalani Perawatan di RSUD   |   16:00 . Skateboard, Olahraga yang Digandrungi Para Pemuda Tuban   |   14:00 . Sedekah Sampah, Program untuk Didik Anak Peduli Daur Ulang Sejak Dini   |   14:00 . Pemuda Bandungrejo Meriahkan Hari Pohon Nasional dengan Pentas Musik dan Tanam Pohon   |   11:00 . Gus Syafiq: Jangan Samakan Muktamar dengan Pemilu, Sudahi Isu Pertikaian   |   07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   20:00 . PSHT Tuban Peringati HJT ke728 dengan Festival Pencak Silat   |   19:00 . Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Sobat Bumi Unirow Lakukan Ini   |   18:00 . Porkab VI Bawa Nilai Tambah bagi Pelatih Drum Band   |   17:00 . Tagana dan KSB Ronggolawe Adakan Lomba Mewarnai   |   17:00 . Tumbuhkan Kreatifitas di Era Digital, PBSI Unirow Tuban Gelar Pelatihan E-Mading Bagi Pelajar   |   16:00 . Alat Berat Bantuan Pertamina EP Sukowati Field Percepat Perbaikan Tanggul Avour yang Jebol   |   15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sebagian Jalan Lingkar Tuban di Desa Kembangbilo Tergenang Banjir

bloktuban.com | Saturday, 20 November 2021 10:00

Sebagian Jalan Lingkar Tuban di Desa Kembangbilo Tergenang Banjir TERGENANG : Jalan Lingkar Selatan Ikut Tergenang Air Akibat Hujan Lebat (foto:ali)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan lebat berjam-jam pada Jumat (19/11) mulai pukul 22.00 - 02.00 dini hari Sabtu (20/11/2021) memicu banjir di Kecamatan Tuban. Salah satu titik yang terpantau banjir adalah Jalan Lingkar Tuban atau Ring Road yang berada di Desa Kembangbilo, Kecamatan Kota.

Kawasan tersebut secara geografis lebih rendah, sehingga menjadi muara banjir bandang dari kawasan hulu Desa Jadi, Kecamatan Semanding. Banjir di kawasan ini dapat dikatakan terjadi tahunan.

Para pengguna jalan baik roda dua ataupun roda empat, harus memperlambat laju kendaraannya. Selain itu, menjaga mesin kendaraan tetap menyala saat menerjang banjir.

Banjir yang menggenangi Jalan Lingkar Tuban tidak lebih 10 Centimeter (Cm), dan sepanjang kurang lebih 20 meteran. Air akan lebih tinggi, bila ada hujan susulan hari ini.

Bahu Jalan Lingkar Tuban sebelah utara juga terpantau tergerus air. Belasan hektare area pertanian yang ada tanaman padi juga terancam gagal panen.

Banjir di Kembangbilo dipantau langsung Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Tuban, Agung Supriyadi. Kepada reporter blokTuban.com di lokasi banjir, Pemkab Tuban akan memperlebar saluran drainase yang ternyata tidak mampu menampung debit air dari hulu.

"Memperlebar saluran irigrasi salah satu solusinya. Selain itu mencari titik sodetan untuk memecah laju air supaya tidak menumpuk di satu saluran," kata Agung.

Selain itu, tanggul saluran irigrasi juga jebol diterjang banjir dan menyebabkan petani merugi. Pemkab Tuban baru bisa memperbaikinya saat kondisi kering.

"Sekarang tidak bisa diperbaiki langsung karena air banyak. Tong-tong penahan air juga hanyut karena besarnya dorongan air yang datang," imbuhnya.

Banjir di kawasan Kecamatan Kota, menurut Agung solusinya adalah Waduk Jadi. Pemkab akan terus komunikasi, karena kabar terakhir proyek tersebur diundur pengerjaannya akibat terkena refocusing Covid-19. Rencananya pembangunan akan dimulai pada 2023 yang diawali dengan pembebasan lahan, dan targetnya rampung tahun 2027.

Tender Rencana Kerja Pengadaan Tanah dan Pemukiman Kembali - Land Acquisition and Resettlement Action Plan (LARAP) Waduk Jadi I Kecamatan Semanding telah berlangsung.

Lelang dilakukan sejak tanggal 15 September 2021 itu menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan dengan nilai paket Rp197.450.000. Pantauan di laman LPSE Tuban ada 22 peserta yang mengikuti tender dan belum ditentukan pemenangnya.

Sukandar (63) petani Desa Kembangbilo salah satu yang terkena imbas banjir. Hitungannya ada 15 hektare area sawah yang ada tanaman padi teredam air. Adapun sawah miliknya yang kebanjiran kurang lebih 3.000 meter persegi.

"Dari kami para petani inginnya diperlebar lagi saluran irigasinya," pinta Sukandar. [ali/ono]

 

Tag : banjir, jalur lingkar, hujan lebat, jalan tergenang



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more