19:00 . Banjir Rob Terjang 5 Kecamatan, BPBD: Kami Lakukan Penanganan Sementara   |   18:00 . Sengketa Tanah di Desa Tuwiri Wetan, Ini yang Dilakukan Pengadilan Negeri Tuban   |   17:00 . Seniman Internasional Ikuti Pameran Drawing SMK TJP Tuban   |   16:00 . Bukan Kelas Inspirasi Biasa, Pimpinan Daerah Tuban Beri Motivasi 200 Siswa untuk Meraih Cita-citanya   |   15:00 . Razia Narkoba Dadakan, Petugas Malah Temukan Obeng hingga Baterai Milik Napi Lapas Tuban   |   14:00 . Tidak Ada Tanggul Pemecah Ombak, Gelombang Tinggi Rusak Rumah Warga Pesisir Tuban   |   13:30 . Kondisi Banjir ROB Tuban   |   13:00 . Indonesia dan Jepang Bahas Pengembangan Ekonomi Kawasan, Apa Goalnya?   |   12:00 . Begini Cara Polres Tuban Kembalikan Kondisi Psikologis Anggotanya Pasca Ops Ketupat Semeru   |   11:00 . Pulihkan Ekonomi Dunia, Mendag Serukan Kembali ke Perdagangan   |   10:00 . BMKG Tuban Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Pesisir Pantai!   |   09:00 . Banjir Rob Terjang Pesisir Kabupaten Tuban, BMKG Prediksi Hingga 25 Mei   |   08:00 . Hati-hati! Orang Dewasa Muda Dengan Pradiabetes Lebih Besar RIsiko Alami Serangan Jantung   |   18:00 . Perlu Sinergi Indo-Pasifik dengan ASEAN BANGKOK   |   17:00 . 333 Warga Nahdliyin Tuban yang Kesulitan Membaca Dapat Kacamata Gratis   |  
Wed, 25 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kemenaker Kerjasama dengan Elhera Tingkatkan SDM Tuban Bidang Rescue dan Ketinggian

bloktuban.com | Monday, 01 November 2021 20:00

Kemenaker Kerjasama dengan Elhera Tingkatkan SDM Tuban Bidang Rescue dan Ketinggian Pelatihan keterampilan juga sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi dalam bidang K3 khususnya yang bergerak dalam bidang industri.

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dan kompeten dalam bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ketinggian dan rescue sangat dibutuhkan oleh masyarakat Tuban sebagai kota yang mengalami pertumbuhan ke arah industri.

 

Hal ini dikarenakan kebutuhan dan keterampilan pelatihan K3 di bidang ketinggian dan rescue sangat jarang dan memegang peran yang penting dalam memenuhi standart Tuban sebagai kota industri. Sementara itu, pelatihan keterampilan juga sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan SDM yang memiliki kompetensi dalam bidang K3 khususnya yang bergerak dalam bidang industri.

 

Emi Fahrudi, M.M selaku Pembina Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Elhera Institut Agama Islam Nadhatul Ulama (IAINU) Tuban mengatakan untuk memenuhi kebutuhan SDM tersebut, Mapala Elhera yang merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa di IAINU Tuban mengambil peran untuk melakukan kerjasama dengan lembaga pembinaan K3 kompetensi ketinggian dan rescue.

 

"Pembinaan ini di selain di ikuti oleh mahasiswa, alumnus IAINU, mahasiswa Unirow Tuban berasal juga dari peserta dari luar kota Tuban. Harapannya dengan kegiatan pembinaan ini, dapat mendidik kader serta menyiapkan SDM yang berkompeten dalam bidang K3 serta meramaikan khazanah industrialisasi yang sedang berkembang di Kota Tuban," ujar Emi Fahrudi kepada blokTuban.com, Senin (1/11/2021).

 

Adapun pelatihan yang diadakan bulan Oktober 2021 lalu sertifikasinya dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker melalui Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3). Instruktur Nafikur Rochman yang juga Alumnus Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban menambahkan sebagai warga Tuban harus menyiapkan SDM untuk menghadapi Tuban sebagai kota industri. baik secara keabsahan lisensi maupun kompetensi.

 

Bekal tersebut seharusnya menjadi alasan yang pas, warga lokal harus menjadi prioritas di daerahnya sendiri. Sebetulnya semangat dari pelatihan tersebut untuk menyiapkan SDM Tuban karna sampai saat ini untuk pekerjaan medan sulit dan rescuer selalu mendatangkan dari luar provinsi.

 

"Misalnya dari Jakarta dan luar kota lainnya. Rata - rata industri Tuban, Bojonegoro dan sekitarnya masih menilai SDM Tuban sebetulnya sudah siap untuk bidang- bidang tersebut dan harus tetap menyiapkan lebih jumlah SDM yang berkompeten di bidang tersebut," jelas pria yang memiliki sertifikasi Pengawas K3 Migas BNSP, Petugas P3K (Kemenaker), dan Tenaga Kerja pada Ketinggian Tingkat 3 (Arai).

 

Peningkatan SDM oleh Elhera salah satunya menjelang berdirinya pabrik Kilang Minyak di Kecamatan Jenu. Pertamina Rosneft merupakan perusahaan patungan (joint venture) antara Pertamina Group dengan raksasa energi Rosneft asal Rusia yang menjadi pelaksana proyek strategis nasional GRR Tuban.

 

Berdiri di atas lahan seluas 834 hektare, kilang yang diharapkan menjadi fasilitas petrokimia terbesar di Asia Tenggara ini ditargetkan beroperasi tahun 2027 dan menyerap kurang lebih 27.000 tenaga kerja pada saat konstruksi, serta 2.500 tenaga kerja setelah proyek beroperasi.

 

Proyek GRR Tuban saat ini telah berada pada tahapan Front-end Engineering Design dengan progres per tanggal 17 September 2021 telah mencapai 34,54 persen versus rencana 17,83 persen (ahead +16,71 persen).

 

GRR Tuban juga merupakan salah satu mega proyek yang saat ini menjadi perhatian Pertamina. Pembangunan Kilang Minyak yang terintegrasi dengan Komplek Petrokimia dengan kapasitas pengolahan minyak mentah sebesar 300 ribu barel per hari ini, akan memproduksi BBM sebesar 230 ribu barel per hari secara total, dan produk Petrokimia dan aromatik sebesar 4.1 juta ton per tahunnya. [ali/col]

 

 

 

Tag : Migas, kilang, minyak, kemenaker



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more