15:00 . Jokowi Longgarkan Prokes, Penjual Masker di Tuban Masih Bertahan   |   14:00 . Akibat Cuaca Buruk, Harga Ikan di PIT Naik!   |   13:00 . Libur Akhir Pekan, Pengunjung Wisata Pantai Remen Tuban Capai 2.000 Orang   |   12:00 . Terlanjur Nyaman, Sebagian Masyarakat Tuban Enggan Lepas Masker   |   11:00 . Ini Tiga Tokoh Kunci pada Mitos Goa Ngerong   |   10:00 . Pengelola Mangrove Center Tuban Keluhkan Fenomena Banjir Rob   |   09:00 . Warga Prunggahan Kulon Ditemukan Tewas di Bekas Tambang, Ini Kronologinya!   |   08:00 . Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat   |   18:00 . Jatim Series Jember Jadi Evaluasi Rider ISSI Tuban Sebelum Porprov 2022   |   17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |  
Mon, 23 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jaring Bakat, MI Darul Ulum Widang Gelar Workshop Pantonim

bloktuban.com | Sunday, 24 October 2021 10:00

Jaring Bakat, MI Darul Ulum Widang Gelar Workshop Pantonim Para peserta workshop tampak antusias mengikuti kegiatan. (Foto: Savira Wahda Sofyana)

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Pantonim merupakan pertunjukan seni teater yang memvisualisasikan suatu objek atau benda, tanpa menggunakan dialog. Biasanya pantonim mengekspresikan apa yang dimaksudnya melalui gerakan dan juga mimik wajahnya.

 

Saat ini pantonim sudah banyak digemari oleh para anak-anak, selain gerakan-gerakannya yang dinilai lucu, riasan yang ada pada wajahnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian anak lantaran rasa penasarannya.

 

Pada Sabtu (23/10/2021) MI Darul Ulum Widang mengadakan Workshop Pantonim Sekolah yang diisi oleh Pemuda Bergerak Plumpang untuk memperkenalkan seni pantonim tersebut kepada anak-anak.

 

Acara yang dimulai pukul 09.30 wib hingga 11.30 WIB tersebut, dihadiri oleh puluhan siswa- siswi yang bersekolah di MI Darul Ulum Widang, dengan rangkaian acara seperti materi pantonim, pelatihan pantonim, hingga mempraktikkan gerakan-gerakan pantonim yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

“Disini yang mengikuti semua murid mulai dari kelas satu sampai kelas enam,” ucap Fredi, guru musik/seni MI Darul Ulum Widang saat ditemui blokTuban.com di sekolah.

 

Para siswa-siswi yang mengikuti workshop tersebut nampak sangat antusias, terbukti dengan suka cita para murid yang membaur menjadi satu didalam tempat workshop yang berlokasi di gedung lantai dua MI Darul Ulum Widang.

 

Dalam workshop tersebut para murid dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian masing- masing kelompok diberi tugas untuk mempraktikan gerakan-gerakan pantonim seperti gerakan aktivitas di rumah, gerakan aktivitas di sekolah, hingga gerakan tarik tambang yang membuat gelak tawa anak-anak pecah.

 

Selain untuk memperkenalkan seni pantonim kepada anak-anak, Fredi juga mengaku bahwa workshop tersebut diadakan untuk menjaring siswa-siswi yang memiliki bakat terhadap seni pantonim ini.

 

“Yang nantinya punya bakat lebih tentang pantonim, nanti insyaallah ya kita mewadahi, nanti dari teman-teman komunitas insyaAllah ada juga,” ungkapnya menjelaskan.

 

Fredi berharap bahwa untuk kedepannya MI Darul Ulum bisa ikut eksis diberbagai kegiatan kesenian yang ada di Kabupaten Tuban.

 

“Harapan kedepannya kita bisa ikut eksis diberbagai porseni, apalagi mau dekat ini persiapkan anak-anak juga tentunya,” tutupnya. [sav/lis]

 

 

Tag : Pantomim, Workshop, bakat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more