Jaring Bakat, MI Darul Ulum Widang Gelar Workshop Pantonim

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com – Pantonim merupakan pertunjukan seni teater yang memvisualisasikan suatu objek atau benda, tanpa menggunakan dialog. Biasanya pantonim mengekspresikan apa yang dimaksudnya melalui gerakan dan juga mimik wajahnya.

 

Saat ini pantonim sudah banyak digemari oleh para anak-anak, selain gerakan-gerakannya yang dinilai lucu, riasan yang ada pada wajahnya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian anak lantaran rasa penasarannya.

 

Pada Sabtu (23/10/2021) MI Darul Ulum Widang mengadakan Workshop Pantonim Sekolah yang diisi oleh Pemuda Bergerak Plumpang untuk memperkenalkan seni pantonim tersebut kepada anak-anak.

 

Acara yang dimulai pukul 09.30 wib hingga 11.30 WIB tersebut, dihadiri oleh puluhan siswa- siswi yang bersekolah di MI Darul Ulum Widang, dengan rangkaian acara seperti materi pantonim, pelatihan pantonim, hingga mempraktikkan gerakan-gerakan pantonim yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

“Disini yang mengikuti semua murid mulai dari kelas satu sampai kelas enam,” ucap Fredi, guru musik/seni MI Darul Ulum Widang saat ditemui blokTuban.com di sekolah.

 

Para siswa-siswi yang mengikuti workshop tersebut nampak sangat antusias, terbukti dengan suka cita para murid yang membaur menjadi satu didalam tempat workshop yang berlokasi di gedung lantai dua MI Darul Ulum Widang.

 

Dalam workshop tersebut para murid dibagi menjadi beberapa kelompok, kemudian masing- masing kelompok diberi tugas untuk mempraktikan gerakan-gerakan pantonim seperti gerakan aktivitas di rumah, gerakan aktivitas di sekolah, hingga gerakan tarik tambang yang membuat gelak tawa anak-anak pecah.

 

Selain untuk memperkenalkan seni pantonim kepada anak-anak, Fredi juga mengaku bahwa workshop tersebut diadakan untuk menjaring siswa-siswi yang memiliki bakat terhadap seni pantonim ini.

 

“Yang nantinya punya bakat lebih tentang pantonim, nanti insyaallah ya kita mewadahi, nanti dari teman-teman komunitas insyaAllah ada juga,” ungkapnya menjelaskan.

 

Fredi berharap bahwa untuk kedepannya MI Darul Ulum bisa ikut eksis diberbagai kegiatan kesenian yang ada di Kabupaten Tuban.

 

“Harapan kedepannya kita bisa ikut eksis diberbagai porseni, apalagi mau dekat ini persiapkan anak-anak juga tentunya,” tutupnya. [sav/lis]