Hari Dharma Karya Dhika, Warga Kurang Mampu di 4 Desa Dapat Bantuan

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 menghantam perekonomian di Kabupaten Tuban. Banyak warga kurang mampu yang butuh uluran tangan untuk bertahan hidup. 

 

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika Kementerian Hukum dan HAM RI Tahun 2021 Lapas Kelas IIB Tuban Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dan Dharma Wanita Persatuan Lapas Tuban menggelar giat Bakti Sosial dengan berbagi dan donor darah bekerja sama dengan PMI Kabupaten Tuban, Kamis (21/10/2021).

 

Dari 15 orang petugas mendaftar, yang memenuhi syarat untuk diambil darahnya sebanyak 10 orang. Lima orang tidak bisa donor tidak memenuhi syarat karena kondisi badan lemah atau tekanan darah yang tinggi.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Lapas Tuban Siswarno menyatakan bahwa kegiatan donor darah merupakan rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021.

 

“Ini adalah wujud dari rasa syukur Lapas Tuban dan sumbangsihnya agar bermanfaat bagi orang yang membutuhkan," ucapnya.

 

Pria dua anak tersebut menuturkan bahwa Lapas Tuban menargetkan empat lokasi penerima Bansos. Menurutnya lokasi tersebut sudah disurvei dan dipilih warga yang kurang mampu serta langsung diberikan di rumah warga penerima.

 

“Kami sudah survei dan dipastikan penerima bantuan sosial adalah warga yang benar-benar membutuhkan,” pungkasnya.

 

Selaras dengan Kalapas, Ketua DWP Lapas Tuban Zanne Alvia menyampaikan agar kegiatan ini menjadi salah satu niat baik dari seluruh anggotanya untuk masyarakat Kabupaten Tuban.

 

“Ini wujud rasa syukur kami untuk membantu sesama,” sambungnya.

 

Di samping itu, Tri (65 th) salah satu penerima Bansos yang tinggal di Prunggahan menyampaikan jika bantuan yang diterimanya sangat membantu mencukupi hidupnya yang saat ini sebatang kara.

 

“Terima kasih ini sangat membantu saya semoga bapak ibu sehat semua,” katanya.

 

Total terdapat 50 orang penerima bantuan sosial yang tersebar di Desa Bektiharjo, Prunggahan Kulon, Kelurahan Kedungombo Kecamatan Semanding, dan Kelurahan Baturetno, Kecamatan Tuban. [ali/col]