19:00 . Dear Warga, Cek Label Sehat Sebelum Beli Hewan Kurban di Tuban   |   18:00 . Domba Lokal Bertanduk Banyak Diburu di Tuban, Segini Kisaran Harganya   |   17:00 . Sudah 2.525 Warga Tuban Terekam Mobil INCAR, Polisi: Kebiasaan Baik Harus Dipaksa   |   16:00 . Ikuti Program Revitalisasi, KUA Tuban dan Soko Dimonev Kemenag RI   |   15:00 . Punya Sejarah 70 Tahun, Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI Organisasi Dokter di Indonesia   |   14:00 . Harga Kambing Kurban di Tuban Termahal Rp7 Juta per Ekor, Penjual: Gratis Ongkos Kirim   |   13:00 . Mengenal Demokrasi dalam Perspektif Masyarakat   |   12:00 . Rupa Sesaji di Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:30 . Ini Doa Saat Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:00 . Lirik Lagu dan Chord Luka Sekerat Rasa - Cover Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae Trending on Youtube)   |   10:30 . Memberi Makan Kera Bektiharjo Tuban   |   10:00 . Tradisi Manganan Bektiharjo Tuban: Memberi Makan Ikan   |   09:30 . Manganan Bektiharjo Tuban Setiap Rabu Pon   |   09:00 . 6 Juli 2022 Emas Antam Anjlok Rp 977 Ribu, Turun Rp 12.000 Per Gram   |   08:00 . Bacaan Doa Qunut Subuh, Lafal dan Artinya   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Desa Kedungsoko Salah Satu Penghasil Kerupuk Terbanyak di Tuban

bloktuban.com | Thursday, 14 October 2021 18:00

Warga Desa Kedungsoko Salah Satu Penghasil Kerupuk Terbanyak di Tuban Proses penjemuran kerupuk sebelum digoreng. (Foto: blokTuban.com/Savira Wahda Sofyana)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Jika kalian berkunjung di Desa Kedungsoko, Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban, kalian akan disuguhkan pemandangan berbagai macam kerupuk yang hampir merata di setiap depan rumah warga.

Pasalnya kebanyakan penduduknya adalah berpenghasilan sebagai pengusaha kerupuk. Ada banyak warga yang memproduksi kerupuk salah Karomah, ia memulai usaha kerupuknya sejak empat tahun yang lalu.

Bermula dari sang suami yang bekerja sebagai karyawan kerupuk disalah satu tetangganya, lalu kemudian berinisiatif mencoba membuat kerupuk sendiri dan hingga saat ini berjalan dengan lancar.

“Dulu itu suami saya kan kerja orang, terus kok coba bikin sendiri akhirnya jadi terus buka sendiri,” ungkapnya saat ditemui blokTuban.com pada Kamis (14/10/2021).

Hingga saat ini sudah banyak karyawan yang bekerja dengan Karomah tersebut, berawal dari tiga orang karyawan hingga kini terhitung ada 17 karyawan yang sudah bekerja dengannya.

“Dulu awalnya ya cuma dua sampai tiga orang, kalau sekarang yang bagian dalam produksi itu ada tujuh terus yang jualan diluar itu ada 10 orang,” ungkapnya.

Biasanya rumah produksi kerupuk rantaian putih ini bisa menghasilkan kurang lebih dua kwintal kerupuk. Setelah selesai diproduksi biasanya krupuk-krupuk tersebut langsung dibawa keliling para karyawannya untuk dijajahkan ke para pelanggannya.

“Ada yang dijual di Bojonegoro, di Lamongan ya ada, terus di Tuban juga ada,” jelasnya.

Kerupuk hasil produksinya tersebut dijual secara kiloan dengan harga Rp20.000. Kerupuk tersebut dijual kepada karyawan yang bertugas memasarkan secara matang setelah digoreng.

“Dijualnya itu kiloan, harganya Rp20 ribu tapi nimbangnya itu pas masih mentah terus baru digoreng,” tukasnya.

Karyawan bagian produksi kerupuk biasanya datang ke rumah produksi sekisar habis adzan shubuh dan selesai pada pukul 12.00 WIB, kemudian digantikan dengan karyawan yang ada di bagian diluar.

“Biasanya itu gantian yang bagian luar itu pada goreng kerupuk habis dhuhuran sampai sore,” tutupnya. [sav/sas]

Tag : kedungsoko, plumpang, kerupuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat