19:00 . Peringati Maulid Nabi Muhammad, TPQ Al-Ma’ruf Adakan Pawai Bersama   |   18:00 . Overkapasitas Tak Halangi Lapas Tuban Terima 20 Napi Pindahan Asal Mojokerto   |   17:00 . Industri Kilang Berpotensi Ubah Alur Tangkap Ikan Nelayan, Ini Saran Pakar   |   16:00 . Lahan Kosong Disulap Jadi Tempat Bisnis Nursery   |   15:00 . Es Puter Legendaris, Kuliner Jadul Asal Klaten   |   14:00 . Sarasehan HSN di Bongok, Begini Pesan Bupati Tuban Untuk Para Santri   |   13:00 . Bupati Tuban Apresiasi Penanaman Pohon Kopi di Kawasan Hutan Lindung Bongok Jetak   |   12:00 . Songsong HJT ke-728, Unirow Gelar Diskusi Permasalahan Pesisir Tuban   |   11:00 . Hadapi Tantangan Digital, Ansor Jatim Gembleng Kader Melalui Madrasah Cyber Jilid Dua   |   10:00 . Wajib Coba! Dimsum Mr. San Tawarkan 19 Macam Menu   |   09:00 . Ini Bedanya Tomat Jenis Corona dan Servo   |   08:00 . Begini Peran Santri dalam Pembentukan NKRI   |   07:00 . Cara Minimalisir Anak Kecanduan Gawai, Psikolog: Beri Anak Pilihan Kegiatan   |   20:00 . Punya Ikan Hias dan Sering Mati? Ini Solusinya!   |   19:00 . Menang 1-0 Saat Uji Coba Lawan Bojonegoro FC, Pelatih Bumi Wali FC Akui Puas   |  
Sun, 24 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Harga Cabai Merah Merangkak Naik, Ternyata Ini Penyebabnya

bloktuban.com | Wednesday, 13 October 2021 14:00

Harga Cabai Merah Merangkak Naik, Ternyata Ini Penyebabnya Petani di kebu cabai memeriksa tanamannya. (Foto: blokBojonegoro.com/Savira Wahda Sofayana)

Reporter : Savira Wahda Sofayana

blokTuban.com – Memasuki minggu kedua bulan Oktober rupanya harga cabai merah yang ada di pasaran mulai merangkak naik. Sebelumnya harga cabai di pasaran sempat membuat petani cabai geleng-geleng kepala, pasalnya harga cabai merah turun drastis dengan harga Rp 6 ribu perkilogramnya.

Namun saat ini setidaknya para petani cabai bisa sedikit bernafas lega, lantaran harga cabai merah mulai merangkak naik dengan harga kisaran Rp 17 ribu perkilogran. Salah satu petani cabai Abdul Mutholib (46) menjelaskan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi lonjakan cabai merah ini disebabkan oleh cuaca yang terlalu panas.

Pasalnya cuaca yang terlalu panas menyebabkan cabai merah menjadi keriting dan rusak, hal itulah yang menyebabkan para petani cabai gagal panen dan harga mulai merangkak naik.

“Penyakitnya ya cabainya kriting itu mengkeret karena cuacanya yang terlalu panas,” jelasnya saat ditemui blokTuban.com pada Rabu (13/10/2021).

Lelaki asal Desa Ngadirejo, Kecamatan Widang tersebut baru menanam cabai merah sekitar 4 bulan yang lalu, sebelumnya ia menanam bawang merah dilahan sawahnya tersebut. ia mengaku kesulitan yang dialami ketika menanam bawang dan juga cabai adalah sama yaitu faktor cuaca yang tidak mendukung.

Biasanya Tholib sapaan akrabnya, menjual cabai-cabai hasil panennya itu di pasar Agrobis Babat. Di tanah yang luasnya 300 meter persegi tersebut ia bisa menghasilkan 60 kg cabai merah.

“Baru pertama nanem jadi belum dihitung biasanya ya sekitar 50 kg, 60 kg segitu,” ujarnya.

Biasanya Tholib merawat cabai-cabai miliknya dengan melakukan penyemprotan obat tanaman selama 3 hari sekali, mulai pukul 06.30 hingga pukul 12.00 WIB. Tholib juga mengatakan bahwa menanam cabai merah ini tidak memerlukan air yang banyak.

“Kalau cuaca ini sulit mengatasinya, biasanya saya kasih obat juga tetap tidak bisa, kalau nyemprotnya tiga hari sekali,” pungkasnya.

Tholib juga menambahkan bahwa biasanya penurunan harga cabai merah lantaran oleh banyaknya petani yang memanen hasil tanamnya sehingga persediaan cabai melimpah ruah.

“Kalau harga cabai sedang murah ya tetap dijual saja segitu, mau gimana lagi disimpan nantinya juga malah busuk,” tutupnya. [sav/sas]

Tag : harga, cabai, merah, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more