19:00 . Peringati Maulid Nabi Muhammad, TPQ Al-Ma’ruf Adakan Pawai Bersama   |   18:00 . Overkapasitas Tak Halangi Lapas Tuban Terima 20 Napi Pindahan Asal Mojokerto   |   17:00 . Industri Kilang Berpotensi Ubah Alur Tangkap Ikan Nelayan, Ini Saran Pakar   |   16:00 . Lahan Kosong Disulap Jadi Tempat Bisnis Nursery   |   15:00 . Es Puter Legendaris, Kuliner Jadul Asal Klaten   |   14:00 . Sarasehan HSN di Bongok, Begini Pesan Bupati Tuban Untuk Para Santri   |   13:00 . Bupati Tuban Apresiasi Penanaman Pohon Kopi di Kawasan Hutan Lindung Bongok Jetak   |   12:00 . Songsong HJT ke-728, Unirow Gelar Diskusi Permasalahan Pesisir Tuban   |   11:00 . Hadapi Tantangan Digital, Ansor Jatim Gembleng Kader Melalui Madrasah Cyber Jilid Dua   |   10:00 . Wajib Coba! Dimsum Mr. San Tawarkan 19 Macam Menu   |   09:00 . Ini Bedanya Tomat Jenis Corona dan Servo   |   08:00 . Begini Peran Santri dalam Pembentukan NKRI   |   07:00 . Cara Minimalisir Anak Kecanduan Gawai, Psikolog: Beri Anak Pilihan Kegiatan   |   20:00 . Punya Ikan Hias dan Sering Mati? Ini Solusinya!   |   19:00 . Menang 1-0 Saat Uji Coba Lawan Bojonegoro FC, Pelatih Bumi Wali FC Akui Puas   |  
Sun, 24 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bisnis Pembuatan Taman BUMDesMa Jenu Beromzet Puluhan Juta

bloktuban.com | Wednesday, 13 October 2021 19:00

Bisnis Pembuatan Taman BUMDesMa Jenu Beromzet Puluhan Juta Salah satu taman buatan BUMDesMa Jenu di halaman rumah Kades Socorejo. (Foto: Ali Imron)

 

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com – Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesMa) Jenu Raya Kecamatan Jenu memiliki bisnis cukup menjanjikan yaitu pembuatan taman. Bisnis ini menjadi yang pertama di Kabupaten Tuban yang dijalankan sekelas BUMDesMa.

 

Ide awal bisnis ini dijalankan adalah keinginan penghijauan. Mengingat saat ini satu-satunya yang bergerak di bidang tersebut Yayasan Mangrove center Jenu. BUMDesMa ingin membantu seiring dengan hadirnya mega proyek Kilang GRR Tuban yang beroperasi di Kecamatan Jenu.

 

Direktur BUMDesMa Jenu Raya, Rifqi Mukhlason mengatakan, bisnis penghijauan khususnya pembuatan taman peluangnya masih cukup besar. Apalagi setiap hadirnya industri memiliki kewajiban untuk menyediakan ruang hijau.

 

“Itu inspirasi teman-teman BUMDesMa untuk menjalankan bisnis tersebut. Kami hanya menakan potensi di Kecamatan Jenu dan belum sampai studi ke tempat lain,” ujar Rifqi ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Rabu (13/10/2021).

 

Disadari Rifqi bahwa Kabupaten Tuban khususnya di Kecamatan Jenu didominasi kawasan industri. Dari situlah ruang-ruang hijau akan dihadirkan oleh pelaku industri.

 

Selama perjalanan bisnis pembuatan taman, BUMDesMA telah memenuhi permintaan taman dari Balai Desa Beji, perusahaan milik Kades Wadung dan kliniknya, rumah Kades Socorejo, Gapura Desa Karangasem, dan banyak pesanan yang belum tertangani karena menyesuaikan personel di lapangan.

 

“Sementara masih lingkup Jenu, dan untuk Kecamatan Palang ada 2 pesanan. Total kami sudah melayani tujuh pembuatan taman,” ungkapnya.

 

Harga pembuatan taman oleh BUMDesMA juga tergantung permintaan pemesan. Paling minim harga Rp3 juta menyesuaikan luasan lahan dan jenis bunganya. Biasanya yang mahal dipengaruhi jumlah maskot bunga di taman tersebut.

 

Dicontohkan untuk pembuatan taman rumah minimal uang yang harus disiapkan kisaran Rp10-15 juta. Harga tersebut sudah ada maskotnya, dan bila tanpa maskot harganya cukup terjangkau yaitu Rp3 jutaan.

 

“Karena satu maskot bonsai saja per satuannya Rp3-5 jutaan. Kalau bunga kecil-kecil murah Rp5-7 ribu,” katanya.

 

Hingga saat ini ada lima pekerja BUMDesMa yang mengerjakan taman dengan satu tenaga profesional. Dengan omzet saat ini mencapai Rp70 juta. [ali/col]

 

 

 

 

Tag : BUMDes, usaha, taman



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more