Judo dan Bilyard Tuban Sumbang Perak dan Perunggu untuk Jatim

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Atlet asal Kabupaten Tuban sementara ini telah menyumbang dua medali untuk Provinsi Jawa Timur di PON XX Papua 2021. Satu medali perak dari atlet Judo Tuban bernama Suliswanto dan satu perunggu oleh Rudy Susanto atlet Bilyard.

Sekretaris Koni Tuban, Zainal Maftuhien bangga atas kerja keras atlet Tuban yang telah memperkuat Jatim di PON tahun ini. Torehan di ajang nasional  tersebut membanggakan warga Tuban.

"Jadi sementara 1 perak dan 1 perunggu. Untuk Bilyar nomer 8 ball double dapat perunggu," kata Zainal kepada blokTuban.com, Rabu (6/10/2021).

Zainal berharap pengalaman bertanding di PON Papua tersebut bisa ditularkan kepada atlet-atlet Judo di Tuban. Supaya menjadi pelecut atlet muda lainnya.

Informasi yang dihimpun di lapangan, atlet Judo Suliswanto di PON Papua berpasangan dengan Embun Cahyono asal Surabaya. Pasangan ini meraih medali perak di nomor Nageno Kata, dengan jumlah poin 398,5. Terpaut 29 poin dari Provinsi Papua peraih emas dengan 427,5 poin. Sementara Jawa Barat di Posisi tiga dengan 385 poin.

Suliswanto dilansir dari lama resmi Konituban mengatakan hasil di PON papua sangat istimewa bagi dirinya. Sebab nilai poin yang didapat melebihi hasil juara dunia.

“Untuk hasil kemarin kita main dinomor kata penilaian juri sangat istimewa, karena nilai melebihi dari hasil juara dunia, sedang tehnik sangat kurang sekali,” bebernya.

Ia berpesan kepada atlet judo di Kabupaten Tuban untuk tetap bersemangat dan berjuang untuk mengukir prestasi diajang nasional maupun internasional.

“BISA KARENA TERBIASA, tetap samangat para pejudo Ronggolawe, teruskan perjuanganmu untuk mengukir pertasi diajang nasional maupun internasional, WANI PeREH JUARA OLEH.,” pesannya via pesan singkat.

Diberitakan sebelumnya, di ajang PON Papua Kabupaten Tuban mengirimkan delapan atlet terbaiknya. Seperti Teuku Tegar Abadi di Cabor Atletik nomor Lompat Tinggi Galah, Puji Prasetyo Cabor Gulat Nomor 52 KG. 

Eka Dian Krismawati Cabor Panjat Tebing Nomor Speed World Record. Rudi Susanto Cabor Bilyard Nomor Bola 8 & Bola 9. Wika Asnunik Cabor Panahan Nomor Putri. Suliswanto atlet Cabor Judo dan Candra Marimar turun di cabang olahraga Gulat di kelas 53 kg Putri.

Terakhir ada atlet Kick Boxing, Ahmad Asyari mewakili Tuban dan Jatim juga akan turun di event Exibisi PON Papua. [ali/ono]