06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Protes Mantan Kasun Mau Jabat Lagi, Balai Desa Talangkembar Disegel

bloktuban.com | Friday, 01 October 2021 10:00

Warga Protes Mantan Kasun Mau Jabat Lagi, Balai Desa Talangkembar Disegel

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Balai Desa Talangkembar, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban pada Jumat (1/10/2021) pukul 07.00 Wib disegel puluhan warga menggunakan batang bambu dan pohon pisang.

Beberapa spanduk kertas juga dibentangkan di pagar balai desa. Bertuliskan penolakan oknum terhadap perangkat desa yang pernah terlibat perselingkuhan. Namun akan aktif melayani masyarakat.

Penyegelan tempat publik hari ini yang pertama kali terjadi di Talangkembar. Setelah warga mendengar mantan Kepala Dusun (Kasun) Kenti, Talangkembar, SIA akan menjabat lagi dan masuk kerja seperti biasanya per 1 Oktober 2021.

Warga menduduki depan balai desa hingga ada jaminan bahwa SIA tidak ngantor lagi. Setelah koordinasi dengan pemerintah desa, petugas polisi menjamin dan akan menangkap oknum tersebut jika masih ngantor karena akan menimbulkan kerusuhan.

Kepala Desa Talangkembar, Kurniali saat dikonfirmasi blokTuban.com mengatakan aksi penyegelan kantor desa karena warga terprovokasi isu oknum SIA menang di PTUN karena diberhentikan oleh Kepala Desa imbas kasus perselingkungan pada bulan Januari 2021 lalu.

"Warga terbujuk omongan mantan Kasun SIA mau menjabat lagi," ujar Kurniali di balai desa setempat.

Kurniali menambahkan, melihat aksi protes warga pihaknya tetap bersikukuh dengan surat pemberhentian mantan Kasun tersebut. Baginya produk hukum surat itu telah sesuai prosedur yang berlaku.

"Saya harapkan Pak Wo Kasun harus berhenti sebagaimana surat yang telah dikeluarkan desa," imbuhnya.

Di lain sisi, Kapolsek Montong, AKP Nungki Sambodo menjadi jaminan warga bahwa mantan Kasun tidak akan menjabat lagi. Polri dan TNI telah mengakomodir tuntutan warga Talang Kembar.

Perlu disadari jika oknum SIA masih datang ke balai desa atas nama pribadi mengurus KTP maupun administrasi lainnya, harus diijinkan dan dilayani oleh pemerintah desa karena hal itu menjadi hak warga negara.

"Bila pihak mantan Kasun mau syukuran atau mau menjabat lagi, saya minta jangan terpancing. Kalau kalian terpancing dan berhadapan dengan aparat maka pihak lain akan senang," sambung Nungki.

Usai diberi penjelasan oleh petugas, warga Talangkembar kemudian membuka segel yang dipasang sekitar pukul 09.20 Wib. Massa kemudian perlahan membubarkan diri dan pelayanan maupun kegiatan di balai desa kembali normal.

Meskipun massa sudah bubar, kabar penyegalan kantor desa juga dipantau serius oleh Polres Tuban. Kabag Ops, Kasatintel dan Kasat Sabara Polres turun ke balai desa bersama personilnya. Camat Montong, Suwoto juga hadir dalam kesempatan tersebut. [ali/ono]

 

 

Tag : kasun, protes, balai desa disegel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat