14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |   15:30 . Dawetan Tutup Ritual Bersih Sumur Wali Bejagung Dua Tahunan   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Warga Sobontoro Keberatan Truk Kontainer Masuk Jalan Desa

bloktuban.com | Friday, 10 September 2021 13:00

Warga Sobontoro Keberatan Truk Kontainer Masuk Jalan Desa

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com – Sekelompok masyarakat RT 2 RW 1 di Desa Sobontoro, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban memprotes kendaraan besar yang keluar masuk pabrik ikan di wilayahnya. Secara spesifik warga menyoal mobilisasi truk kontainer melintasi jalan lingkungan desa.

Selama ini ada beberapa kerugian yang dirasakan warga. Di antaranya pagar hingga tembok warga rusak. Serta kesehatan warga khususnya Lansia terganggu setelah menghirup limbah ikan saat dibawa keluar dari pabrik.

Pantauan di lokasi, bentuk protes warga disampaikan melalui poster bertuliskan tolak keras truk container masuk jalan desa, stop truk container masuk jalan desa, hingga kami yang merasakan imbas penguasa yang kipas-kipas.

“Gara-gara truk container masuk jalan desa yang sempit berdampak pada rumah warga hingga temboknya retak. Truknya masuk dalam kondisi kosong mau mengangkut ikan dari pabrik,” kata Sukari warga setempat kepada reporter blokTuban.com, Jumat (10/9/2021).

Sukari menambahkan, soal bau yang dikeluhkan warga berasal dari limbah ikan yang tercecer dari truk. Selain merasakan dampak, warga mengaku tidak mendapatkan ganti rugi dari pihak pabrik.

Warga lain,Tohir juga mengaku pagarnya rusak gegara keserempet truk container yang keluar masuk pabrik. Bahkan yang lebih parah, dua kamarnya saat malam dikosongkan karena terganggu kendaraan.

Dalam waktu sepekan, dikatakan Tohir minimal tiga kali kendaraan truk container yang keluar masuk pabrik. Harapan warga truk bisa bongkar di luar, dan tidak melewati jalan desa.

“Saat limbah keluar pabrik baunya menyengat. Sempat ada warga yang tidak kuat baunya dan dibawa ke puskesmas,” sambung Tohir.

Kondisi warga Sobontoro, lanjut Tohir telah dilaporkan ke Pemerintah Desa, Dinas Perhubungan maupun Pemerintah Kabupaten Tuban. Tetapi hingga sekarang belum ada respon seperti harapan warga.

Mewakili Pemkab, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Gunadi membenarkan telah menerima laporan dari warga Sobontoro tepatnya sebelum lebaran Idul Fitri. Rencana mediasi akan dilakukan dan difasilitasi Forkopimka Tambakboyo.

Soal ijin Andalalin pabrik ikan, pemiliknya telah mengajukan ke Kementrian Perhubungan kaitannya dengan jalan nasional. Sidang pertama telah dilakukan, dan direkomendasi mitigasi pembuatan jalan samping.

“Kami belum dapat updatenya. Segera kita cek lagi yang jelas pengajuan ijinnya ke Kementrian Perhubungan,”tandas mantan pegawai Disdukcapil Tuban. [ali/ono]

 

 

Tag : warga protes, keberatan kendaraan masuk



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more