Banyak Tanya, Pengguna Jalan Masih Bisa Lewat Glendeng?

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Persiapan pengerjaan sayap Jembatan Glendeng yang berada di ujung selatan Desa Simo Kecamatan Soko yang berbatasan dengan Bojonegoro sudah didengar masyarakat luas. Mereka telah menyiapkan rute maupun alternatif kalau sewaktu-waktu akses jembatan ditutup pada Rabu (8/9/2021) ini.

Dari pantauan lapangan tim blokTuban.com, pengguna jalan masih bisa lewat jembatan darurat Glendeng. Meski hanya akses roda dua saja yang melintas.

"Nanti sore masih bisa lewat sini nggak ya Mas," tanya seorang pengguna jalan perempuan kepada pengatur jembatan darurat yang hendak ke Bojonegoro.

Ya, begitu banyak masyarakat dan pengguna jalan yang sering tanya soal penutupan akses jembatan. Sebab jika  warga tak tahu waktu penutupan jalan, mereka bisa putar balik dengan menempuh rute dua kali lipat perjalanan dari Bojonegoro, menuju Menilo, kemudian baru jalanan Simo. Itu berlaku bagi warga area Tuban selatan yang nantinya pulang dari aktivitas maupun pekerjaannya di Bojonegoro.

Namun berbeda halnya dengan warga yang siang atau sore nanti hendak ke Bojonegoro. Ketika akses jembatan di tutup, pengguna jalan bisa lewat jalur Menilo. Yang mana jarak perbandingan rute sebelas dua belas. Hanya saja jalurnya yang rusak, serta banyak kendaraan besar yang keluar masuk tambang.

Hingga berita ini ditulis, para pekerja masih bersiap dengan tugasnya masing-masing. Diantaranya menyiapkan tiang penyangga yang digunakan saat jembatan diangkat oleh alat berat.
 
"Nanti kalau aksesnya ditutup, langsung kita arahkan ke jalur Menilo Mas. Alternatif juga bisa lewat tambangan perahu itu," kata sejumlah pengatur jalan yang merupakan warga setempat kepada blokTuban.com. [feb/mu]