07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |   10:00 . TPPI Latih Pelaku UMKM Tuban Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan   |   09:00 . Lima Inovator SIG Pabrik Tuban Juara Pertama Award on Innvation 2021   |   08:00 . 100 Perempuan Pelaku Usaha Kuliner dan Kreatif Tuban Berdaya Selama Pandemi Covid-19   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   21:00 . Satpol PP Peringatkan PKL yang Sengaja Tinggalkan Gerobaknya di Trotoar   |   20:00 . Selama Pandemi Data Pemilih Tuban Bertambah Menjadi 942.644 Orang   |   19:00 . Tidak Perlu Takut, TB Bisa Sembuh dengan Rutin Minum Obat Selama 6 Bulan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Peziarah Lokal Kunjungi Wisata Religi Sunan Bonang Tuban

bloktuban.com | Tuesday, 31 August 2021 14:00

Peziarah Lokal Kunjungi Wisata Religi Sunan Bonang Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Wisata religi Makam Sunan Bonang yang terletak di Kelurahan Kutorejo, Kecamatan/Kabupaten Tuban mulai dibuka untuk peziarah pada Selasa (31/8/2021) siang.

Kelonggaran ini berlaku seiring Kabupaten Tuban masuk level dua atau zona kuning di tengah perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) se-Jawa Bali tanggal 31 Agustus - 6 September 2021.

Hari pertama dibuka, terpantau hanya peziarah lokal yang datang dan membacakan doa-doa di sekitar makam salah satu Walisongo ini. Mereka tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Rata-rata peziarah yang datang berasal dari Kecamatan Tuban Kota, Semanding, Merakurak, Montong, hingga Jatirogo. Meskipun belum ramai, dibukanya wisata religi di belakang Masjid Agung Tuban ini disambut gembira oleh warga sekitar.

"Kami senang hari ini sudah dibuka makam Sunan Bonang. Meski belum banyak, warga sekitar bisa sedikit-sedikit mengais rejeki," kata Muhammad (36) kepada reporter blokTuban.com.

Tonton Video Selengkapnya:



Pria yang berjualan minyak wangi ini mengaku kesulitan selama wisata religi ditutup. Lebih dari dua bulan, ia memutar otak untuk bisa bertahan hidup bersama keluarganya.
Wisata Sunan Bonang adalah harapannya untuk mendapat penghasilan. Sekaligus membiayai anaknya yang sudah mulai belajar tatap muka terbatas.

Pantauan di lokasi, masih ada sebagian besar pedagang yang masih tutup. Mereka dikabarkan akan kembali berjualan, ketika jumlah peziarah meningkat.

Pedagang yang tetap buka, terpantau juga disiplin Prokes. Sembari menawarkan barang dagangannya ke orang-orang yang lewat, mereka juga memanfaatkan untuk menata ulang jualannya.

Selain wisata religi, wisata alam Pantai Kelapa (PK) yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang juga dijadwalkan buka untuk umum per tanggal 1 September 2021.

"Mulai besok PK kami buka untuk umum dan menerapkan Prokes ketat. Syaratnya pengunjung wajib taat prokes dan tidak perlu menunjukkan kartu vaksin," sambung Muhasan Ketua Pokdarwis PK.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Tuban, Sulistiyadi saat dikonfirmasi belum mengantongi Surat Edaran (SE) Bupati terkait kelonggaran masyarakat Tuban.

"SE masih proses," singkatnya.

Mengutip Intruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 38 tahun 2021 tentang PPKM Level 4, 3, dan level 2 Covid-19 di Wilayah Jawa Bali bahwa ada beberapa daerah di Jatim yang masuk level 2 (dua) yaitu Kabupaten Tuban,
Kabupaten Sumenep, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Pamekasan, Kota Pasuruan.

PPKM pada Kabupaten dan Kota di wilayah Jawa dan Bali dengan kriteria Level 2 (dua) untuk fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25% dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi peduli lindungi. [ali/sas]

Tag : wisata, religi, tuban, covid-19, pandemi, ppkm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more