Beredar Seruan Demo PPKM di Tuban, Sasarannya Kantor DPRD

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Seruan demo/aksi damai PPKM darurat, rakyat sekarat muncul di Kabupaten Tuban pada Rabu (11/8/2021) pagi. Unjuk rasa kali ini dimotori pihak yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Bergerak yang berkantor di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo No. 19 Tuban.

Demo rencananya digelar pada Jumat (13/8/2021) mulai pukul 13.00 WIB sampai selesai. Diikuti oleh 100 orang dengan lokasi aksi di gedung DPRD Kabupaten Tuban.

Dalam surat pemberitahuan aksi damai tertulis tiga tuntutan. Yakni mengecam Pemerintah Kabupaten Tuban dan DPRD Tuban atas rapat kerja di luar kota saat pandemi Covid-19, menuntut Pemkab dan DPRD untuk memberikan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat luas bukan malah menyakiti rakyat.

Tuntutan terakhir, menuntut Pemkab dan DPRD untuk segera menyalurkan dana bantuan sosial yang bersumber dari APBD Tuban sesuai arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Dikonfirmasi blokTuban.com, Koordinator Aksi Aliansi Rakyat Bergerak, A. Tholibul Mubin mengatakan aksi damai di tengah pandemi muncul dari keresahan atas diberlakukannya PPKM darurat. Ditambah lagi kebijakan yang dibuat oleh Pemkab dan DPRD yang dinilai tidak berpihak kepada masyarakat.

“Contohnya Raker Pemkab dan DPRD di luar kota saat pandemi itu menciderai hati rakyat,” ucapnya.

Dari 100 orang yang akan hadir, rencananya berasal dari unsur para pengangguran korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), pelaku UMKM dan PKL, pekerja seni, dan rakyat miskin.

“Tidak menutup juga, aksi diikuti masyarakat yang hatinya tergerak untuk memberikan teguran kepada Pemerintah Tuban dan DPRD,” tutupnya. [ali/sas]