BMI Tuban Kecam Pernyataan Ivan Gunawan Terkait Buruh Migran

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com – Ketua Garda Buruh Migran Indonesia (BMI) Kabupaten Tuban, M. Irhamsyah mengecam keras atas pernyataan Ivan Gunawan sebagai selebritis yang sudah merendahkan harkat dan martabat BMI yang sedang berjuang keluar dari kemiskinan dan mengankat taraf hidup keluarganya, Senin (9/8/2021).

Irham sapaan akrabnya menegaskan, perlu diingat buruh migran merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar di negeri ini. “Mereka berjuang tanpa lelah dan harus berpisah dengan keluarganya untuk memenuhi hajat hidup dirinya dan keluarganya,” ucapnya dalam siaran resmi kepada blokTuban.com.

Berdasarkan data Bank Indonesia dilansir dari Katadata, remitansi atau kiriman devisa dari pekerja migran Indonesia yang mengadu nasib di luar negeri sepanjang kuartal II-2020 mencapai US$ 2.262 juta atau setara Rp 33,4 triliun (kurs Rp 14.744). Nilai tersebut turun 13 persen dibandingkan kuartal I-2020.

Pada kuartal kedua tahun ini, Arab Saudi tercatat menyumbang remitansi terbesar yakni mencapai US$ 713 juta. Kemudian, dilanjut dengan Malaysia, Taiwan, Hong Kong, dan Singapura.

Tercatat, wilayah Timur Tengah merupakan penyumbang remitansi paling besar dibandingkan wilayah Asia Tenggara, Asia, Australia, Afrika, Amerika, dan Eropa. Nilainya yakni mencapai US$ 809 juta. 

“Mereka setiap bulan setiap tahun membawa pulang uang yang diperoleh dari Negara lain tempat mereka bekerja. Saya sangat menyayangkan sikap Ivan Gunawansebagai public figure tapi tidak memiliki kepekaan sosial dalam melakukan pembelaan secara moril atas kasus yang menimpa Kartika Damayati dengan Ayu Ting Ting.

Sebagai Ketua DPC Garda BMI, ia mengecam sikap Igun sebagai selebritis yang tidak patut dicontoh. Dia dinilai telah merendahkan harkat dan martabat BMI yang dianggapnya hanya sebagai babu di negeri orang.

Diberitakan di Suara.com, Presenter Ivan Gunawan diduga melecehkan profesi Asisten Rumah Tangga (ART). Ini berawal saat dia membela Ayu Ting Ting karena diboikot haters di siaran langsung Instagram beberapa waktu lalu.

Lewat Instagram, Igun, sapaan akrab Ivan Gunawan beri tanggapan. Meski sebenarnya dia malas menanggapi karena cuma buang-buang energi.[ali/col]