Skenario RSUD Koesma Atasi Lonjakan Pasien Covid-19

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - RSUD dr. R. Koesma sebagai Rumah Sakit rujukan Covid-19 di Kabupaten Tuban mulai kuwalahan akibat lonjakan pasien Covid-19. Merespon hal  itu, manajemen RSUD dr. R. Koesma melakukan pelbagai upaya, mulai dari penambahan ruang isolasi baru, hingga rekrutmen tenaga relawan ke-5.

Berbeda dari sebelumnya, perekrutan tenaga relawan dilaksanakan dengan cepat. Meskipun begitu para peserta sebelumnya harus melewati pelbagai tahapan yakni seleksi administrasi, seleksi wawancara, orientasi serta pembekalan.

Hari ini, dalam kegiatan orientasi dan pembekalan tenaga relawan yang dilaksanakan di Aula Ronggolawe (8/7/21), dr. Reinnidha Puspitasari selaku Wakil Direktur Umum dan Keuangan dalam sambutanya menyampaikan bahwa, penambahan ruang isolasi baru bukan berarti masalah teratasi.

"Banyaknya petugas yang harus beristirahat karena terkonfirmasi positif menjadi kendala tersendiri. Oleh sebab itu, rekrutmen kali  ini dilaksanakan dengan proses cepat untuk memenuhi kebutuhan SDM kita yang mulai kelelahan,” jelasnya.

Sebelum menutup sambutannya, ia juga mengingatkan kepada para peserta untuk selalu menjaga keamanan, kebersihan, kondisi kesehatan, etika, serta  tatakramanya.

“Disini semuanya kita perketat, semua pegawai dilarang makan bersama & dilarang lepas masker, harus patuhi protokol kesehatan dan PPI,  jaga etika, harus ramah dan peduli terhadap pasien itu peraturan RSUD dr. R. Koesma” tegasnya.

Acara kemudian dilajutkan dengan pemberian materi orientasi dan pembekalan tentang Organisasi Rumah Sakit, Pelayanan RS, PPI, OJT Swab dan keperawatan. Setelah itu, jika tidak ada kendala para relawan dapat bertugas hari ini. [ali/sas]