Vaksinasi di Jenu Lampaui Target 200 Orang Sehari

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Seluruh elemen sedang tancap gas menuntaskan vaksinasi di Kabupaten Tuban dengan target 20.000 orang tervaksin dalam sehari. Salah satunya terlihat di Kecamatan Jenu pasca peluncuran tim Gebyar Vaksinasi di 328 kelurahan dan desa oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, Kamis (1/7/2021).

Camat Jenu, Moh. Maftuchin Riza terpantau langsung memimpin dan melaksanakan intruksi dari Mas Bupati. Melalui sinergi dengan kegiatan pekan vaksinasi lansia yang dicanangkan Dinkes dan program satu juta vaksin program dari Polres.

"Sasaran per hari 200 orang tervaksin terlaksana, bahkan beberapa hari ada yang melampaui target," kata Camat Riza bersama Kapolsek dan Danramil saat monitoring vaksinasi di Desa Beji.

Kesiapan tim vaksinasi di level desa telah disiapkan termasuk yang ada di Kecamatan Jenu. Setidaknya ada 99 tim tenaga kesehatan dikerahkan dan dibantu rumah sakit di Tuban, dengan total 125 nakes yang disebar Pemkab di 328 kelurahan dan desa.

Sesuai intruksi terbaru Presiden RI dalam sehari dua juta vaksin, maka Pemkab, Polres dan Kodim 0811 meningkatkan jumlah sasaran vaksin dari 9 ribu ke 20 ribu.

Menyikapi lonjakan kasus baru corona di Tuban, Pemkab sepakat dengan Polres dan Kodim untuk mempercepat vaksinasi, dengan target sehari minimal 20 ribu.

"Edukasi juga terus dilakukan ke masyarakat bahwa vaksin tidak ada efek samping dan justru meningkatkan imun tubuh seseorang," sambung Bupati Lindra terpisah.

Data Dinas Kesehatan Tuban, untuk positif rate atau perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan mencapai 70-80 persen.

Sedangkan ketersediaan vaksin juga masih cukup, karena setiap habis Dinkes langsung koordinasi dengan provinsi untuk mengambil di Bio Farma. [ali/mu]