KKN Untag Surabaya, Mahasiswa Bagi Masker dan Edukasi Warga Taat Prokes

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 membuat berbagai kegiatan masyarakat dibatasi. Tak terkecuali kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya.

Kendati demikian, KKN yang merupakan program wajib bagi setiap mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat itu, masih dilakukan secara individu di tempat asal masing-masing mahasiswa.

Tentunya dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat. Pada kesempatan ini setiap mahasiswa terjun langsung membantu masyarakat dan melalukan sebuah inovasi yang dapat memberikan sebuah perubahan.

Salah satunya, Bagas Dwi Wahyu Saputro, mahasiswa Fakultas Psikologi Untag Surabaya yang menjalankan program KKN di Kabupaten Tuban. Ia dibantu dengan Dosen Pembimbing Lapangan, Sayidah Aulia ul Haque.

Dalam kegiatan KKN ini, Bagas fokus mengedukasi masyarakat tentang bahaya Covid-19 serta pentingnya taat prokes. Selain itu dia juga membagikan masker, Hand Sanitizer, serta poster 4M.

Kegiatan ini difokuskan di tempat wisata religi yang ada di Kabupaten Tuban, mengingat masih banyak peziarah yang belum taat prokes.

"Saya memilih untuk terjun ke masyarakat dengan melakukan edukasi dan sosialisasi bahaya Covid-19 serta pentingnya prokes khususnya di tempat wisata religi di Tuban. Karena saya melihat, banyak pengunjung atau peziarah tidak memakai masker, tidak cuci tangan sebelum masuk lokasi, hingga berkerumun," jelas Bagas, Minggu (27/6/2021).

Menurutnya, sasaran dalam KKN yang di lakukan selama 14 - 25 Juli 2021 kemarin ini masing-masing adalah tempat wisata religi Sunang Bonang, Sunan Bejagung Lor dan Sunan Bejagung Kidul, serta wisata religi Asmoroqondi.

Sebab, edukasi ini penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, khususnya di tempat wisata religi di Tuban.

"Saya berharap ini bisa membantu menekan laju penyebaran dan penularan covid-19 khususnya di tempat wisata religi. Mengingat tempat ini menjadi jujugan para peziarah dari berbagai daerah, sehingga rentan terjadi penyebaran dan penularan covid-19," imbuhnya.

Untuk sekadar diketahui, program KKN Untag Surabaya ini adalah program wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa semester akhir sebagai bukti menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi. [hud/mu]