Lapas Bentuk Supertim, Akhiri Era Superman

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tiga orang petugas Lapas Kelas IIB Tuban Gigih, Rio, dan Farid mendapatkan kenaikan pangkat dari golongan II/b menjadi golongan III/a. Mereka kenaikan pangkat melalui proses penyetaraan ijazah Sarjana.

Apel Kenaikan Pangkat Pengabdian ini dipimpin langsung Kalapas Tuban Siswarno, Senin (7/6/2021) pagi. Kegiatan tersebut turut dihadiri sejumlah petugas Lapas Tuban.

Siswarno berharap kepada seluruh petugas agar tetap memberikan pengabdian terbaiknya sehingga hak seperti kenaikan pangkat secara berkala dapat dipenuhi.

“Selamat mendapat kenaikan pangkat, teruslah berbuat terbaik untuk institusi,” ujarnya.

Selain itu dalam sambuatnya Pria dua anak tersebut menuturkan untuk saling bekerja sama menjadi super tim yang mampu menjadikan lapas Tuban lebih maju.

“Sudah tidak ada eranya lagi menjadi Superman, yaitu bekerja maksimal secara individu, sekarang jamannya menjadi Supertim yaitu bersama bekerja untuk kemajuan lapas Tuban," pesannya.

Semenjak Siswarno memimpin, perubahan di lapas nampak diberbagi sisi. Mulai dari warna dinding depan Lapas, maupun sambutan ramah petugas di depan pintu masuk bagi pengunjung.

Di dalam Lapas Tuban juga terdapat program pembinaan kemandirian untuk warga binaan. Pertama, berbasis pondok pesantren yaitu pengajian fasolatan, iqro Alquran sampai kitab kuning. Kedua, wahana asimilasi edukasi di Merakurak di sana ada peternakan ayam petelor, ikan lele, buah-buahan dan sayuran.

Pada tahun 2020, Lapas juga mendapat tujuh program dari pusat dan tahun 2021 ada tiga pelatihan yang telah dilaksanakan. Mulai pelatihan elektronik servise HP, mebel, dan pengelasan.

Berdasarkan smslap.ditjenpas.go.id per tanggal 13 Mei 2021 jumlah penghuni lapas Tuban beragama Islam sebanyak 371 orang dari 374 warga binaan. 168 Napi diantaranya mendapat remisi khusus Idul Fitri dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. [ali/ito]