Menikmati Kelapa Muda Sambil Liburan di Pantai Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Liburan di Pantai Kelapa Tuban, pengunjung dapat melakukan banyak hal. Mulai menikmati suasana teduhnya pohon kelapa, bermain pasir, melihat debur ombak, juga bisa mencicipi kulinernya kelapa muda.

Jika dari Alun-Alun Tuban, pengunjung cukup melanjutkan perjalanan ke arah timur melewati jalan pantai utara (Pantura). Pantai Kelapa hanya berjarak sekitar 500 meter dari pertigaan Manunggal Lor.

Terletak di sisi utara sekitar 100 meter dari jalan Daendels, tepatnya di Jalan Tuban – Gresik kilometer 1-2, Dusun Kepoh, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Tuban, Jawa Timur. Bila anda melihat seribu pohon kelapa, berarti pengunjung sudah sampai.

Tiba di lokasi, ada gerbang besar bertuliskan wisata Pantai Kelapa. Dengan area parkir luas, wisatawan bisa memilih tempat parkir baik kendaraan roda dua atau empat.

Sebelum masuk membeli tiket Rp10.000 per orang, setiap pengunjung wajib memakai masker, dan mencuci tangan terlebih dahulu. Dua petugas perempuan yang berjaga di depan loket tiket, juga siap memeriksa suhu tubuh pengunjung.

Salah satu pengunjung asal Gresik, Lidia bersama keluarganya tiba di lokasi langsung memesan kelapa muda. Menurutnya, minuman alami tersebut cocok diminum saat musim kemarau seperti ini.

"Kami baru pertama kali ke Pantai Kelapa. Suasananya adem dan bagus. Es kelapa mudanya juga segar dan enak. Keluarga saya pada suka," ujar Lidia kepada reporter blokTuban.com, Minggu (16/5/2021).

Kesan pertama datang ke Pantai Kelapa, lanjut Lidia sangat meyenangkan. Anak-anak bisa main pasir sepuasnya dan orang tua bisa santai sambil mengawasinya.

Sedangkan Muntolib (54) penjual kelapa muda mengakui rata-rata pengunjung berburu kelapa muda. Dalam sehari lebih dari 100 butir kelapa muda terjual.

Pria yang jualan sejak tahun 2017 itu, menambahkan selera pengunjung dalam menikmati kelapa muda berbeda-beda. Ada yang memesan kelapa utuh, ada pula yang minta ditaruh gelas dan diberi es.

"Per kelapa harganya Rp15.000. Kualitas kelapa muda di sini terjamin," sambungnya.

Selama menjual kelapa muda, Tolib sapaan akrabnya jarang mendapat komplain dari pembeli. Itu berarti para pengunjung puas dengan kualitas kelapa muda yang dijual di Pantai Kelapa.

Di lain sisi, penerapan Prokes terus digalakkan di Pantai Kelapa karena menjadi salah satu primadona di Kabupaten Tuban. Sejak liburan lebaran hari Jumat lalu, ada 2.000 pengunjung lokal.

"Untuk hari Sabtu kemarin ada 5.000 pengunjung dan hari Minggu diprediksi tembus 6.000 pengunjung," kata Muhasan Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa Tuban.

Ia menyampaikan, lonjakan pengunjung telah terpantau hari ini. Rata-rata masih pengunjung lokal Tuban, Lamongan dan Bojonegoro, karena adanya penyekatan oleh pemerintah membuat pengunjung dari luar kota belum bisa masuk. [ali/col]