Sehari Sebelum Lebaran, Harga Cabai Rawit Naik

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Harga cabai rawit merah di Pasar Baru Tuban melonjak Rp10.000 per Kilogram dalam sehari menjelang Lebaran 2021. 

Salah satu pedagang sayur-sayuran, Endang, mengatakan menjelang Lebaran, dalam sehari ini harga cabai naiknya begitu signifikan. 

"Sebelumnya harga cabai itu turun, tapi hari ini sudah naik, sebelumnya itu di Rp40.000 per kilogram, tapi saat ini sudah Rp 50.000 per kilogram," Kata Endang di Pasar baru Tuban, Rabu (12/5/2021).

Dia memprediski harga cabai akan naik lagi pada besok hari raya, namun kemungkinan cabai juga bisa saja turun harga usai hari raya.

“Bisa saja naik bisa saja turun, tapi karena sudah menjadi tradisi, biasanya tidak ada yang akan berjualan di hari raya. Dan kemungkinan karena hal ini bisa menjadikan harga cabai naik perhari ini saja, pembeli langsung membeli banyak sebagai stok Lebaran," ungkapnya.

Hal yang serupa juga dialami Supiyah, menurutnya kenaikan harga cabai menjelang lebaran ini akan terjadi sampai hari ini saja.

"Kalau prediksi saya, mahalnya Cuma hari ini saja. Nantikan kalau lebaran tidak akan ada aktivitas di pasar semuanya tutup, pembeli biasanya kan menyetok cabai dan bahan lainnya,” jelasnya.

Terpantau menurut data Siskaperbapo yaitu Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur, harga cabai rawit di kisaran Rp46.666 per kilogram, harga cabai rawit Rp41.666 per kilogram, cabai besar biasa Rp50.000 per kilogram. [ulf/lis]