18:00 . Kopdar Komunitas di Jatirogo Dibubarkan Polisi dengan Alasan Prokes   |   16:00 . Menikmati Kelapa Muda Sambil Liburan di Pantai Tuban   |   14:00 . Saat Ini Okupansi Hotel di Tuban Turun Dibawah 10 Persen   |   11:00 . Masa Tunggu Haji di Tuban Capai 31 sampai 32 Tahun   |   09:00 . Satgas Waspadai Mutasi Corona dari Pekerja Migran   |   07:00 . Tips Memperbaiki Kesehatan Keuangan Pasca Lebaran   |   16:00 . ASN dalam Menyikapi Larangan Mudik di Masa Pandemi Covid-19   |   15:00 . Kapolres dan Dandim Tuban Pastikan Penerapan Prokes di Lokasi Wisata   |   12:00 . Unik, Tiang Masjid Setinggi 27 Meter Berdiri Tanpa Alat Berat   |   09:00 . Penyekatan Arus Balik Dimulai, Puluhan Kendaraan Diputarbalikkan   |   08:00 . Pesan Hoax Ledakan Corona Menyebar hingga Tingkat RT   |   07:00 . Menjaga Kesehatan di Hari Idul Fitri di Masa Pandemi Covid-19   |   14:00 . Tak Segera Diperbaiki, Jembatan Glendeng Kini Malah Ditutup Total   |   13:00 . Dampak Penyekatan di Tuban, Kasus Harian Corona di Bawah 15   |   12:00 . Walah..!!! Gegara Ini Akses Jembatan Darurat Glendeng Ditutup   |  
Sun, 16 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berkas Lengkap, Surat Kematian Disdukcapil Empat Hari Jadi

bloktuban.com | Monday, 03 May 2021 15:00

Berkas Lengkap, Surat Kematian Disdukcapil Empat Hari Jadi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Layanan mengurus surat kematian di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban sempat dikeluhkan lama oleh warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu beberapa waktu lalu.

Surat atau akta tersebut akan digunakan warga sebagai lampiran mengurus klaim BPJS Tenaga Kerja (TK). Menjawab keluhan tersebut, Kepala Disdukcapil Tuban, Rohman Ubaid buka suara.

Dalam pengurusan akta kematian, setiap pengurus harus menyiapkan berkas swcara lengkap. SOP nya jika berkas memenuhi dan diterima oleh dinas, maka empat hari surat kematian keluar.

"Jika kebutuhannya mendesak maka surat kematian jadi dalam waktu dua hari dengan catatan sama yaitu berkas lengkap," ujar Ubaid ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Senin (3/4/2021).

Mantan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Tuban ini, memastikan bahwa layanan diintansinya terus diupgrade. Jika sebelumnya lamban, maka pelan-pelan terua diperbaiki.

"Tidak ada istilah lamban, SOPnya seperti itu, berkas harus lengkap," imbuh mantan Kabag Humas dan Protokol Pemkab Tuban.

Diberitakan sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kabupaten Tuban pada Jumat (30/4/2021) sore melakukan optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu.

Dalam kesempatan ini muncul keluhan dari masyarakat Socorejo, bahwa dalam pengurusan klaim kematian BPJS Ketenagakerjaan terkesan sulit. Pemerintah Desa mendesak pihak BPJS memberikan solusi taktis untuk mengatasi problem tersebut.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tuban, Sonny Alonsye menjelaskan ada solusi yang diberikan untuk menjawab keluhan warga di Socorejo. BPJS mengeluarkan kebijakan baru bahwa dalam mengurus klaim kematian cukup menggunakan surat keterangan dari desa, dikuatkan oleh kecamatan dan ditambah formulir proses pengurusan akta kematian.

“Sedangkan untuk jaminan hari tua bisa diurus secara kolektif dan nanti akan disiapkan waktu khusus bagi peserta kolektif tersebut untuk wawancara. Jadi tidak sampai campur dengan yang lainnya, itu solusinya,” ujar Sonny.

Soal keluhan warganya yang sulit mengklaim santunan kematian, Kades Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim telah melakukan penelusuran dan komunikasi ditemukan kendala di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tuban.

“Memang kepengurusan akta kematian itu lama, sehingga ada beberapa proses yang terhambat. Saya bersyukur Kacab BPJS telah memberi solusi baik dan meningkatkan kepsertaan di Socorejo,” tandas Kades Socorejo. [ali/col]

 

Tag : Layanan, akta, kematian

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more