Isi Harlah Fatayat NU dengan Bagi Mukena dan Alquran di Daerah Terpencil

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Meski dalam masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan perempuan -perempuan muda NU Tuban untuk memperingati Hari Lahir (Harlah) fatayat NU.

Peringatan harlah fatayat tahun ini berbeda dengan peringatan harlah tahun-tahun kemarin. Dilaksanakan dengan berbagai kegiatan diantaranya bakti sosial dan ziarah kubur di makam pendiri fatayat NU dan tokoh-tokoh NU di Kabupaten Tuban.

Ketua PC fatayat NU, Umi Kulsum menyampaikan, rangkaian kegiatan harlah selain ziarah kubur ke para tokoh NU dan tokoh fatayat juga dilakukan penyaluran mukena dan Al qur'an di beberapa titik dearah terpencil d Kabupaten Tuban.

Pada moment ramadan ini juga menyelenggarakan "Ramadhan sehat'' cegah stunting bersama ibu hamil, membagikan asupan makanan ringan bagi ibu hamil dan balita. Diadakan pula khotmil qur'an serentak oleh PC fatayat NU dan 20 PAC serta 436 ranting fatayat NU Tuban.

"Kami menghimbau semua pengurus dan anggota fatayat NU untuk mengibarkan bendera fatayat di rumah masing-masing, kantor sekretariat fatayat melalui kegiatan sepekan 710 Bendera fatayat berkibar," ujarnya, Sabtu (23/4/2021)

Beberapa kegitan ini dimaksudkan untuk memperingati harlah fatayat NU ke-71 pada tanggal 24 April 2021 yang bertajuk "Adaptasi Tantangan Masa Kini Untuk Ketahanan Perempuan.

Mantan aktivis PMII tersebut yang juga sebagai kasi Haji di Kantor Kemenag Tuban, mengajak seluruh kader dan pengurus fatayat NU untuk muhasabah serta merefleksikan kembali program yang dirasa masih harus ditingkatkan.

"Supaya lebih bisa dirasakan manfaatnya baik untuk anggota fatayat maupun untuk masyarakat," tandasnya. [ali/mu]