10:00 . Wajib Coba! Dimsum Mr. San Tawarkan 19 Macam Menu   |   09:00 . Ini Bedanya Tomat Jenis Corona dan Servo   |   08:00 . Begini Peran Santri dalam Pembentukan NKRI   |   07:00 . Cara Minimalisir Anak Kecanduan Gawai, Psikolog: Beri Anak Pilihan Kegiatan   |   20:00 . Punya Ikan Hias dan Sering Mati? Ini Solusinya!   |   19:00 . Menang 1-0 Saat Uji Coba Lawan Bojonegoro FC, Pelatih Bumi Wali FC Akui Puas   |   18:00 . Terdampak Pandemi, Toko-Toko di Rest Area Banyak Ditinggal Pemiliknya   |   16:00 . Banyak Toko Kosong di Pasar Atom Tuban, Sebagian Beralih Jadi Kos-kosan   |   14:00 . Rugikan Konsumen Rp1,5 Miliar, Penjual Kelinci Online Asal Merakurak Dibekuk Polisi   |   13:30 . Parkir di Tepi Jalan, Truk Tangki Muatan Minyak Diseruduk Tronton   |   13:00 . Mendag Lutfi Sebut Indonesia Jadi Pusat Industri Produk Halal dan Kiblat Fesyen Muslim Dunia   |   12:00 . Jadi Pembina Apel Peringatan Hari Santri, Rektor IAINU Tuban Ubah Karakter   |   11:00 . Yayuk Siti Khodijah, Juara Umum Duta Santri Nasional 2021 Asal Tuban yang Kuasai 4 Bahasa   |   10:00 . Gempa M5,3 di Selatan Jawa Timur Tak Berpotensi Tsunami   |   09:00 . AMSI Diskusikan Kualitas Media dan Perumusan Agensi   |  
Sat, 23 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Mudahnya Ganti Foto KTP Elektronik di Disdukcapil Tuban

bloktuban.com | Sunday, 04 April 2021 12:00

Mudahnya Ganti Foto KTP Elektronik di Disdukcapil Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Jika foto KTP Elektronik milikmu rusak atau tidak terlihat, sekarang bisa langsung diganti dengan foto baru. Kemudahan tersebut dapat diperoleh di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tuban Jalan Teuku Umar.

Saat ini banyak masyarakat yang ingin mengganti foto KTP mereka karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya, foto yang tertera di KTP belum berhijab atau sebaliknya hingga fotonya tidak sesuai dengan umur.

Kepala Dsdukcapil Kabupaten Tuban, Rohman Ubaid mengatakan, masyarakat Tuban bisa memperbaruhi fotonya di KTP Elektronik. Misalnya jika dulu belum berhijab, dan sekarang sehari-hari memakai hijab.

"Untuk penampilan yang dulu sehari-hari tidak berjilbab dan saat ini sehari-hari berjilbab bisa bermohon pergantian dengan foto," ujar Rohman Ubaid kepada blokTuban.com, Minggu (4/4/2021).

Mantan Plt Kepala Diskominfo Tuban menambahkan, adapun syarat yang harus dilengkapi saat ingin mengganti foto KTP yaitu, membuat atau mengisi blanko permohonan KTP yang bersangkutan, membawa copy KK yang telah teruodate dan membawa KTP asli.

Selain bisa ganti foto KTP, ternyata masyarakat juga bisa memperbarui data tertera di KTP elektronik, seperti pekerjaan.

Untuk perubahan data pekerjaan, masyarakat tak perlu membawa SK dari kantor. Cukup dengan melampirkan fotokopi KK dan KTP elektronik yang lama.

"Tidak perlu pengantar RT/RW lagi. Syaratnya cukup KTP-el lama dan KK," imbuh Ubaid sapaan akrabnya.

Di lain sisi, sejak awal bulan Februari 2020, Disdukcapil Kabupaten Tuban telah membuat inovasi layanan antrean online. Masyarakat yang ingin mengurus kependudukan cukup mengambil nomor antrean dari rumah, menggunakan androidnya.

Layanan antrean online ini, lanjut Ubaid memiliki keuntungan bagi masyarakat yang rumahnya jauh maupun kesibukan tinggi. Cukup buka situs sim-dukcapil.tubankab.go.id, nomor antrean bisa langsung didapat.

Ketika sudah masuk di web, pengakses akan menjumpai tiga item pilihan yaitu kartu keluarga, KTP-El, dan pindah/datang. Pilih salah satu item sesuai kebutuhan, untuk melakukan tahap berikutnya.

Alur pendaftarannya langkah awal persiapan berkas, langkah kedua memasukkan berkas, dan langkah ketiga lacak. Di kolom permohonan, user wajib mengisikan NIK, di kolom pencarian nomor antrean cukup diisi dengan NIK dan tanggal antre. [ali/col]

Tag : KTP, elektronik, Dispendukcapil



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more