18:00 . Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H   |   12:00 . Masjid Agung Tuban Tampung 500 Jamaah Salat Idul Fitri   |   07:00 . Cukup Makan Telur 1-2 Butir Sehari, Ini Efeknya Bila Berlebihan!   |   20:00 . Kemenhub Salurkan Paket Sembako Kepada Sopir Angkutan Umum di Tuban   |   19:00 . Dukung Masyarakat di Wilayah Operasinya, EMCL Salurkan 1.320 Sembako   |   18:30 . Live Streaming: Rukyatul Hilal 1 Syawal 1442 H   |   18:00 . Hilal 1 Syawal Tak Terlihat, Puasa Digenapkan 30 Hari   |   17:00 . Sidang Isbat Awal Syawal 1442 H   |   12:00 . TPPI Santuni Anak Yatim dan Berikan Paket Sembako ke Duafa   |   09:00 . Koramil Widang Santuni 1.080 Janda Miskin dan Yatim   |   08:00 . Jelang Idul Fitri, Pesanan Paket Hampers Lebaran Meroket   |   19:00 . Fakta Baru, Ini Cerita Kepala Madrasah yang Jadi Sasaran Pengrusakan   |   15:00 . Dirregident Korlantas Polri Pantau Penyekatan di Perbatasan Jatim-Jateng   |   14:00 . Bantuan Sembako untuk 3.256 KPM di Kecamatan Kerek Dicek Ketat   |   11:00 . Tiga Perusahaan Sektor Pertambangan Selesaikan Aduan THR   |  
Wed, 12 May 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

7 Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Pembohong

bloktuban.com | Thursday, 01 April 2021 07:00

7 Tips Cara Mendidik Anak Agar Tidak Menjadi Pembohong

Reporter: -

blokTuban.com - Berbohong merupakan kebiasaan yang umumnya dimulai saat seseorang masih sangat muda. Makin tua, kemampuan berbohong bisa semakin luar biasa berkat terlatih berbohong bertahun-tahun.

Untuk itu penting bagi orangtua dan sekolah untuk mengajari anak tidak berbohong dan menanamkan kebiasaan jujur sejak kecil.

Pada akhirnya, karakter mereka akan sangat bergantung pada kemampuan bersikap transparan, jujur, dan keengganan untuk membengkokkan kebenaran. Berbohong adalah kebiasaan, begitu pula kejujuran.

Di bawah ini adalah beberapa tips bagaimana mengajarkan anak untuk tidak berbohong dan menjauhkan mereka dari perilaku menipu seperti yang dilansir melalui Lifehack.

1. Jadilah teladan kebenaran

Salah satu cara paling efektif untuk mengajar anak tidak berbohong adalah dengan menjadi teladan yang baik. Anak cenderung mencontoh perilaku orangtua atau pengasuhnya. Jika mereka melihat orangtua sering berbohong, anak akan tumbuh dengan keyakinan bahwa perilaku ini diperbolehkan.

2. Terlalu jujur berbeda dengan menjadi benar

"Pakaianmu adalah pakaian paling jelek yang pernah saya lihat." Ini mungkin jujur, tetapi apakah benar bicara blak-blakan seperti itu di hadapan orang lain? Tentu saja tidak. Hanya karena menurut Anda baju itu jelek, bukan berarti perlu dikatakan.

Anak-anak perlu mempelajari perbedaan antara kejujuran brutal yang tidak diperlukan dan mengatakan yang benar. Jika informasi tersebut akan menyakiti perasaan seseorang dan tidak diperlukan, kemungkinan besar informasi itu tidak perlu diungkapkan.

Jika anak Anda tidak terlalu memahami konsep ini, mainkan beberapa skenario dan tanyakan apa yang harus mereka lakukan dalam setiap situasi.

3. Berbohong ada konsekuensinya

Ada konsekuensi jika sengaja berbohong, terutama ketika harus mengatakan yang sebenarnya tentang hal-hal yang dapat membuat mereka bermasalah. Beri tahu anak bahwa ada pengurangan konsekuensi jika mereka mengatakan hal benar.

4. Jangan beri label anak Pembohong

Sekali lagi, berbohong adalah kebiasaan, jadi bantu anak berkata benar dan bersikap jujur. Berikan cara dan jalan keluar bagi mereka untuk mengatakan yang sebenarnya. Jangan memojokkan mereka dan kemudian menyebut mereka sebagai pembohong. Ini tidak membantu membangun karakter yang baik dalam jangka panjang.

Alih-alih memojokkan mereka, putar balik ke situasi di mana Anda membantu mereka mengatakan yang sebenarnya. Mengatakannya dengan nada lembut dan bukan nada menghukum dapat membantu anak mengatakan yang sebenarnya. Anda ingin mereka memutuskan untuk mengatakan yang sebenarnya sendiri.

5. Upah kejujuran dengan pujian

Jika Anda menyebut anak Anda pembohong, mulai membalik citra mereka. Carilah contoh ketika mereka benar dan jujur. Katakan kepada mereka bahwa mereka adalah anak yang baik dan jujur. Lakukan ini berulang kali untuk memperkuat perilaku positif anak.

Gunakan penguatan positif dengan memuji anak ketika mereka jujur, terutama dalam situasi yang sulit. Jika mereka mengerjakan tes dengan buruk dan mereka mendapat nilai buruk, pujilah mereka karena telah jujur. Biarkan anak tahu bahwa Anda menghargai kejujurannya dan sekarang Anda tahu yang sebenarnya, Anda dapat membantunya sebelum ujian berikutnya atau memberinya les.

6. Biarkan anak tahu manusia tempatnya salah

Setiap orang membuat kesalahan dalam hidup. Tidak ada yang sempurna. Kita perlu memberi tahu anak-anak kita bahwa kita tidak mengharapkan kesempurnaan dari mereka. Orangtua hanya ingin mereka jujur ketika membuat kesalahan dalam hidup sehingga orangtua dapat membantu mereka melalui banyak hal.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan, psikologi anak, anak

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more