09:00 . Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar Bandung, Video Tersebar di Media Sosial   |   08:00 . Harga Emas AntamHari Ini 7 Desember 2022 Stagnan di Level Rp984.000   |   18:00 . Tak Bisa Berenang, Pelajar Tuban Tewas Tenggelam di Telaga Saat Mandi   |   17:00 . MTQ XXX 2022 Dibuka, Ajang Tuban Membumikan Alquran   |   16:00 . BNPB Tegaskan Erupsi Gunung Semeru Tak Picu Tsunami   |   15:00 . SAKIP Tuban Diganjar Predikat BB, Menpan RB Larang Birokrasi Ribet   |   14:00 . Bermula Dari Hobi, Produk Rajutan Warga Tuban Ini Diekspor Sampai ke Qatar   |   13:00 . IDe AsSALAM Antarkan UINSA Terima Penghargaan TOP 45 tahun 2022   |   12:00 . Serahkan Kaporlap pada Bhabinkamtibmas, Wakapolres Tuban : Kembalikan Kepercayaan Publik Kepada Institusi Polri   |   11:00 . Tak Patut Dicontoh, Video Dewasa Viral di Tuban dan Balita Ikut Terekam   |   10:00 . Anjlok Rp15.000 Per Gram, Harga Beli Emas Antam Turun di Level Rp984.000   |   09:00 . Erupsi Gunung Semeru di Indonesia, Jepang Waspada Ancaman Gelombang Tsunami?   |   08:00 . Doa yang Sering Diamalkan Rasulullah SAW Setiap Hari   |   07:00 . Jadwal Tayang Enam Film di Bioskop NSC Tuban 6 Desember 2022   |   06:00 . Cabai Keriting di Tuban Naik Rp2.000, Bawang Merah Rp1.000/Kg   |  
Wed, 07 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pengurus APRI Tuban Dikukuhkan

bloktuban.com | Friday, 19 March 2021 08:00

Pengurus APRI Tuban Dikukuhkan

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Tuban mengukuhkan pengurus Asosiasi Penghulu Republik Indonesia (APRI) Cabang Tuban yang diketuai Nurpuat. 

Pengukuhan berlangsung di aula KUA Kecamatan Tuban. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris APRI Jatim, Faishol Saifullah, Sekretaris 1, Ahmad Iswoyo, Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Jatim.

Darti Tuban selain Kakankemenag Tuban hadir juga Kasubag TU, sejumlah Kasi, Kepala Satker, Pranata Humas, Ketua Pokjawas Madrasah, Ketua Pokjawas PAIS, Ketua Kelompok Guru DPK dan seluruh Penghulu.

Usai melantik, selaku pembina APRI Cabang Tuban Kakankemenag Sahid mengucapkan selamat kepada yang dilantik. Dia berpesan agar ada optimalisai peran penghulu terkait peningkatan kinerja dalam rangka pemberian pelayanan kepada masyarakat yang semakin baik.

"Setelah dilantik harus lebih baik dan lebih berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," ujarnya.

Sahid juga mengingatkan penghulu harus punya kompetensi dan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat. Selain itu dia juga menyinggung tugas penghulu. 

"Hal ini sesuai PMA no 34 tahun 2016," ujarnya.  

Dia menjelaskan, ada 10 tugas dan fungsi KUA. Di antaranya menyelenggarakan proses pencatatan akad nikah, penyusunan statistik layanan dan bimbingan masyarakat Islam. Juga sebagai pengelola dokumentasi dan sistem informasi manajemen KUA. 

Selain ketiga hal di atas, lanjutnya, tugas kepala KUA mencakup  pelayanan bimbingan keluarga sakinah, pelayanan bimbingan kemasjidan dan pelayanan bimbingan hisab rukyat.

Selain itu pembinaan syariah, pelayanan bimbingan dan penerangan agama Islam. Juga pelayanan bimbingan zakat dan wakaf, pelaksanaan ketatausahaan dan kerumahtanggaan KUA serta memberikan layanan bimbingan manasik haji bagi jemaah haji reguler.

Sementara itu, Kasi Kepenghuluan Kanwil Kemenag Jatim, Amanullah dalam arahannya mengatakan KUA harus terlibat langsung dengan masyarakat dan harus mempunyai kompetensi yang tinggi. 

"Kepala KUA dan penghulu harus bisa memecahkan persoalan yang sedang terjadi," ujarnya.

Ia berharap Kepala KUA dan Penghulu bisa membuat kegiatan yang riil yang hasilnya bisa di lihat dan rasakan. 

"Jadilah KUA yang ada di mana-mana, dan selalu ada setiap kali masyarakat membutuhkan," pungkasnya.[ono]

 

Tag : kemenagtuban, aprituban, dikukuhkan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat