Dari Hobi Kreasi Rajut Jadi Bisnis

Reporter: Nur Malinda Ulfa

blokTuban.com - Banyak masyarakat yang mengisi waktu luang dengan menjalankan hobinya. Namun, siapa sangka sebuah hobi dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Seperti halnya Suci Dewi Setiani (20), Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sastra dan Bahasa (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, yang memulai bisnisnya dari hobi membuat kreasi rajut dengan berbagai macam bentuk dan jenis.

Suci memang suka membuat kreasi rajut, tetapi ia baru mulai serius menjalani hobinya ketika masa pandemi, yang mengharuskannya beraktivitas di rumah. Karena himbauan dari pihak kampusnya yang mengharuskan untuk sementara melakukan aktivitas belajar dari rumah.

“Awalnya saya mencoba membuat kreasi tas dan boneka, kemudian banyak permintaan pesanan dari dua jenis kreasi yang saya buat itu, setelahnya saya sering memposting dan mempromosikan lewat Whatsapps dan Facebook. Alhamdulillah, ternyata banyak yang komentar dan ingin membeli hasil kreasi saya,” tutur Suci.

Menurutnya, masih banyak masyarakat yang belum mengembangkan ide kreasi seperti ini, jadi ketika dia mempromosikan lewat media sosial masyarakat banyak yang tertarik untuk membeli.

Selain itu, Suci juga membuat kreasi lain seperti dompet, gantungan kunci, bandana, serta konektor masker.

“Saya juga mengkreasikan berbagai jenis rajutan, tergantung permintaan dari pelanggan. Untuk saat ini yang paling banyak dicari adalah konektor masker, alhamdulillah pemesanannya sudah sampai di luar Tuban, misalnya di Surabaya,” tuturnya.

Suci juga menambahkan, untuk pembuatan pemesanan dan pengerjaannya ia kerjakan sendiri. Namun, ketika pemesanan semakin membludak, ia meminta temannya untuk membantu kadang juga menolaknya karena terlalu banyak.

“Untuk modal awalnya sekitar Rp350.000, namun selama berjalan empat bulan. Alhamdulillah modal saya sudah Kembali berkali kali lipat,” pungkasnya.

Harapannya, semoga untuk bisnis rajut ini tetap berjalan dengan karya yang lebih berkualitas, dan bisa menginspirasi banyak orang karena usaha akan berjalan jika kita berani untuk mencoba hal baru dengan modal keyakinan. [ulf/mu]