13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekenig Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |   15:00 . Peringati Hari Pohon se-Dunia, 22 Komunitas dan Ormas Gelar Reboisasi di Tuban-Bojonegoro   |   14:00 . Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat   |   13:00 . Hindari Jalan Longsor, Truk Molen di Tuban Terguling ke Sawah   |   12:00 . Naik Lagi, Telur Ayam di Tuban Kini Jadi Rp27.667/ Kilogram   |   11:00 . Intip Strategi Pemkab Gresik di 2023 Atasi Kemiskinan hingga Stunting   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Jelang Puasa, PMI Mulai 'Nyetok' Plasma

bloktuban.com | Monday, 15 March 2021 14:00

Jelang Puasa, PMI Mulai 'Nyetok' Plasma

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kebutuhan plasma konvalesen di Kabupaten Tuban masih tinggi sebagai terapi penyembuhan pasien Covid-19. Kendati demikian, pekan ini Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban sudah mulai bisa menyetok plasma.

Humas PMI Tuban, Sarju Efendi mengatakan pihaknya bersyukur karena sebelumnya plasma pendonor langsung habis dan diambil oleh pemesan. Baik perorangan atau dari pihak Rumah Sakit (RS).

"Kami bersyukur sekarang sudah bisa nyetok plasma konvalesen," ujar Sarju Efendi kepada reporter blokTuban.com, Senin (15/3/2021) siang.

Dengan adanya stok plasma, PMI sedikit lega menjelang bulan puasa. Karena di bulan Ramadan tahun ini, diprediksi tidak ada pendonor yang donorkan plasmanya.

Adapun data stok plasma di PMI per tanggal 15 Maret 2021 sebanyak 93 kantong. Dengan rincian 30 kantong golongan darah A, delapan kantong golongan darah B, 46 kantong golongan darah O, dan sembilan kantong golongan darah AB.

"Terbanyak stok plasma masih golongan darah O," imbuh Sarju.

Selama pandemi, PMI sudah melayani plasma kepada 186 pasien. Tercatat 36 pasien memesan plasma golongan darah A, 65 plasma golongan darah B, 75 plasma golongan darah O, dan 10 plasma golongan darah O.

Sekedar diketahui, penyintas Covid-19 yang datang untuk donor tidak hanya dari swasta tapi juga para pekerja industri dan intansi. Mulai dari Semen Gresik, UTSG, TPPI, Gasuma Soko.

Dengan terus menyosialisasikan donor plasma, ada beberapa kesulitan yang dialami PMI. Dari segi pencarian pendonor meski sudah dapat data penyintas dari Dinas Kesehatan, rata-rata yang dihubungi jarang angkat telepon PMI. 

Tercatat hanya beberapa saja yang angkat dan berkenan diberikan informasi terkait donor plasma konvalesen.

Untuk seleksi memang PMI mencari eks penderita Covid-19 yang memang sudah sembuh dan tidak ada riwayat penyakit bawaan. Rata-rata di lapangan covid itu pasti disertai penyakit bawaan.

"Dan tidak bisa OTG untuk donor plasma karena berdasarkan pemeriksaan yang kita lakukan kalau OTG rata-rata Titer Antibodi IgG nya tidak cukup untuk jadi syarat pendonor plasma," pungkasnya. [ali/ono]

 

Tag : pmi, stokplasmakonalesen



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat