Tim Penulis Buku Tuban Bumi Wali Serahkan Hasil Karyanya ke Bupati

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah melakukan penelitian selama 3 bulan lebih, buku Tuban Bumi Wali The Spirit of Harmoni yang ditulis oleh tim dari Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bekerjasama dengan Pemkab Tuban rampung. 

Tim UINSA melakukan presentasi dihadapan Bupati Tuban Fathul Huda, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussain, beserta pejabat di lingkungan pemkab Tuban di Pendopo Pringgitan Komplek Rumah Dinas Bupati, Rabu (10/03/2021)

Dalam isi buku, menjelaskan 73 wali yang berhasil dilacak dari 193 wali dalam penelitian yang dilakukan selama 3 bulan. Selaian itu juga menjelaskan penyebaran agama islam di Kabupaten Tuban yang sama tuanya dengan di Gresik.

Bupati bercerita tentang kerja sama antara Pemkab Tuban dengan universitas di Indonesia. Dari semua kerja sama yang dilakukan kebanyakan hanya formalitas saja atau tidak memiliki hasil untuk kemajuan Kabupaten Tuban, akan tetapi kali ini berbeda. 

“Saya bertanya apa esensi kerjasama antara fakultas atau universitas dengan pemkab, selama saya menjabat itu semua kebanyakan formalitas” ujar Bupati Huda.

Bupati dua periode ini juga menjelaskan, bahwa buku Tuban Bumi Wali The spirit of harmony yang merupakan filosofis ajaran para wali sesuai dengan kultur yang ada. 

“Saya minta pada dunia pendidikan, supaya dari buku ini bukan hanya kita belajar sejarah namun kita dapat belajar nilai-nilai para wali yang harus kita kerjasamakan,” tuturnya

Pada kesempatan itu, Bupati Huda juga berharap agar buku ini dapat dikembangkan lagi walapun ia tidak menjabat lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Penulis Prof Nur  Syam mengatakan, draf buku yang secara simbolis diberikan kepada Bupati Tuban sebagai tanda buku tersebut telah rampung. 

"Tim membutuhkan waktu 3 setengah bulan untuk melakukan riset. Bahkan saya juga meminta waktu 1 minggu untuk melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari bedah buku yang dilakukan sebelumnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Nur Syam juga menyampaikan rasa terimaksih atas kerjasama dengan tim. Serta menyampaikan bahwa agama islam Kabupaten Tuban sama tuanya dengan agama islam di Kabupaten Gresik.

"Alhamdulillah dengan dibantu oleh semua pihak, diharapkan buku Tuban Bumi Wali the spirit of harmoni siap untuk di cetak. Saya sebenarnya sangat berani menyampaikan bahwa islam di Tuban setua dengan islam di Gresik, namun sayangnya artefak tidak memenuhi” katanya. 

"Semoga lanjutan penelitian ini menemukan atau meyakini bahwa islam di tuban sama dengan islam di Gresik” harapnya

Hadir pada kesempatan itu Plt Kepala Diskominfo Tuban, Kepala Dinas Pariwisata, Kabag Umum dan Komunikasi Pimpinan, Kabag Kesra, perwakilan dari Bappeda Tuban, serta Dekan Fakultas Dakwah UINSA dan juga Rektor IAINU Tuban.[ali/ono]