23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Banyak Makam Bersejarah, Jegulo Berpotensi Jadi Lokasi Wisata Religi

bloktuban.com | Monday, 22 February 2021 18:00

Banyak Makam Bersejarah, Jegulo Berpotensi Jadi Lokasi Wisata Religi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Dikenal punya banyak tokoh agama dan para Wali, Kabupaten Tuban seperti tak pernah habis dari sejarah peradaban sejarah masa lalu. Apalagi hampir di sejumlah pelosok wilayah memiliki kearifan religi dan ceritanya masing-masing. Seperti Desa Jegulo, Kecamatan Soko misalnya.

Selain terkenal dengan rujukan wisata religi Syekh Abdurrahman atau populer dikenal Mbah Nanggul, masih ada 2 tempat religi lagi yang mendukung Desa Jegulo sebagai wisata religi nan kental akan sejarah. Yakni keberadaan Makam Mbah Kico Meneng, serta Makam Tumenggung Sumedang Kawis.

Dari cerita masyarakat setempat, Mbah Kico Meneng dulunya dikenal sebagai tokoh babat alas, alias salah satu tokoh besar pada masa itu. Sedangkan kawasan Tumenggung Sumedang Kawis yang berada di area Sendang Gedhe Jegulo, diperkirakan ada saat masyarakat sekitar masih memeluk kepercayaan Hindu-Budha.

"Sering juga ditemukan koin-koin kuno sekitar sini," kata Hasan, penduduk setempat ketika dijumpai blokTuban.com disekitar kawasan religi Tumenggung Sumedang Kawis, Senin (22/2/2021).

Ditambahkan lagi, kawasan Tumenggung Sumedang Kawis telah digarap perlahan oleh Pemerintah Desa Jegulo. Terbukti dengan adanya sarana prasarana, seperti musala dengan bangunan semi tradisional serta tempat bersih-bersih MCK yang disediakan disekitar arae sendang yang diperuntukan bagi para pengunjung.

Adapun bukti yang berwujud nisan makam, berada di sudut area perkemahan Sendang Gedhe yang berupa batu. Dua buah batu nisan itu tak selayaknya nisan pada umumnya karena punya dumensi sekitar 3 kali lebih besar dengan batu khas yang sama sekali tak bisa dijumpai seperti zaman sekarang.

"Ini tempat makamnya, memang belum begitu dirawat. Sedangkan disebelah timurnya sana juga ada makam yang diperkirakan seorang tokoh perempuan pada masa itu," tutup lelaki yang sehari-hari juga menempati kawasan Sendang Gedhe itu. [feb/col]

 

Tag : Wisata, religi, sejarah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat