21:00 . Viral Postingan Denda Tilang Mobil INCAR Rp750 ribu, Begini Kata Polres Tuban   |   20:00 . Omset Penjual Hewan Kurban Dadakan di Tuban Rp10-15 Juta Sehari   |   19:00 . Dear Warga, Cek Label Sehat Sebelum Beli Hewan Kurban di Tuban   |   18:00 . Domba Lokal Bertanduk Banyak Diburu di Tuban, Segini Kisaran Harganya   |   17:00 . Sudah 2.525 Warga Tuban Terekam Mobil INCAR, Polisi: Kebiasaan Baik Harus Dipaksa   |   16:00 . Ikuti Program Revitalisasi, KUA Tuban dan Soko Dimonev Kemenag RI   |   15:00 . Punya Sejarah 70 Tahun, Asosiasi Dokter Medis Sedunia Hanya Akui IDI Organisasi Dokter di Indonesia   |   14:00 . Harga Kambing Kurban di Tuban Termahal Rp7 Juta per Ekor, Penjual: Gratis Ongkos Kirim   |   13:00 . Mengenal Demokrasi dalam Perspektif Masyarakat   |   12:00 . Rupa Sesaji di Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:30 . Ini Doa Saat Manganan Bektiharjo Tuban   |   11:00 . Lirik Lagu dan Chord Luka Sekerat Rasa - Cover Maulana Ardiansyah (Live Ska Reggae Trending on Youtube)   |   10:30 . Memberi Makan Kera Bektiharjo Tuban   |   10:00 . Tradisi Manganan Bektiharjo Tuban: Memberi Makan Ikan   |   09:30 . Manganan Bektiharjo Tuban Setiap Rabu Pon   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kuakui Kafe, Sajikan Kuliner, Wadah Pengembangan SDM

bloktuban.com | Sunday, 14 February 2021 14:00

Kuakui Kafe, Sajikan Kuliner, Wadah Pengembangan SDM

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memiliki sebuah bisnis kuliner, entah itu kedai ataupun kafe bisa menjadi peluang peningkatan ekonomi pribadi. Selain itu, kafe bisa juga dimanfaatkan menjadi sarana penyalur ekspresi, bakat, dan hobi para pemuda dan masyarakat sekitar. Demikianlah yang dilakukan Abdul Khafid. 

Pemuda desa berusia 26 tahun ini punya cara tersendiri supaya usaha rintisan kulinernya bisa bermanfaat untuk kalangan luas. Ia membangun sebuah kafe bertajuk pusat inkubator. Berbagai hobi, seni, pendidikan, bahkan kewirausahaan juga dipikirkan olehnya.

Ada beberapa gubuk beratap daun aren tua, serta bangunan kayu menjadi properti pelengkap. Bangunan yang berdiri sejak Mei 2019 lalu itu diberi nama Kuakui Kafe. Letaknya di Dusun Randupagir, Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel. Meskipun letak kafe di pelosok desa, tapi tempat ini mampu menjadi daya tarik pengunjung dari luar kota bahkan sampai manca.

Selain menu makanan dan minuman semi tradisional, pengunjung yang datang bakal disuguhi view bangunan yang menarik dan kegiatan-kegiatan kolaborasi dari berbagai komunitas. Seperti live music, musikalisasi puisi, dongeng, serta talk show yang mendatangkan bintang tamu lokal hingga mancanegara.

"Awalnya sih prihatin melihat hampir seluruh pemuda di desa menghabiskan watu untuk nongkrong di warkop atau cafe dan minimnya materi pendidikan skill di desa ini," ungkap Khafid saat dijumpai blokTuban.com di area Kuakui Kafe Dusun Randupagir. 

Berawal dari keprihatinan karena di dusun kelahiranya itu, terlintaslah pikiran untuk mendirikan kafe. Untuk memberikan edukasi lewat nongkrong yang berkonsep koneksi lingkungan yaitu kafe yang menjadi wadah dari berbagai komunitas dan berbagai hobi.

View bangunan sengaja dibuat menarik dan istagramable, desain yang memadukan material kayu, batu, dan tumbuh-tumbuhan guna menciptakan suasana yang rileks khas pedesaan. Mahasiswa Arsitektur sekaligus fotografer ini memfasilitasi alat musik bagi pengunjung yang ingin mengekspresikan hobi musik atau komunitas-komunitas yang ingin mengadakan acara seperti kemudian talkshow kepemudaan, dan bimtek.

"Pemberdayaan masyarakat seperti kerajinan dari pelepah pisang, perpustakaan, musik, tari, pelatihan desain grafis dan kursus Bahasa Inggris sudah berjalan. Selebihnya nanti kita programkan giat lainnya," lengkap pemuda yang saat ini baru saja menekuni geliat peternakan sapi itu, Minggu (14/2/2021).

Adapun komunitas yang sudah berkolaborasi antara dengannya antara lain Tuban Creative Hub, RTIK Tuban, Anak Desa Bisa, D’anyam, KFI, Sugar Glider, Musang, Tuban Reptile, Pak e D'bok, Dongeng dan Gerakan Mahasiswa Rengel. [feb/col]

 

Tag : Kafe, kuliner, wadah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat