20:00 . Air Laut dari Pantai Semilir, Bisa Obati Penyakit Kulit?   |   19:00 . Twin Cafe, Pilihan Tempat Nongkrong yang Asyik Bareng Teman   |   18:00 . Uniknya Battle Latte Art, Seni Menghias Kopi dalam Acara Ningrat Market Fest   |   17:00 . IKA PMII Tuban Gelar Raker, Berikut Program Prioritasnya   |   16:00 . Polsek Widang Larang Masyarakat Pasang Perangkap Tikus Listrik   |   15:00 . Ini Perbandingkan Jumlah Jabatan Kosong SOTK Lama dan Baru di Tuban   |   14:00 . Kadinkes Belum Tahu Jumlah Warga Tuban Penerima Vaksin Booster Covid-19   |   13:00 . DPRD Kecewa, Pemkab Telat Beri Data Rapor Kinerja ASN Non Job   |   12:00 . Konsisten Selama Lima Tahun, NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Hingga Miliaran   |   10:00 . Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur   |   07:00 . Hubungan Toksik dan Ciri-Cirinya   |   12:00 . Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah   |   11:00 . Musim Hujan Jadi Tantangan Utama Pengrajin Gerabah Tuban   |   10:00 . Tingkatkan Kapasitas SDM, IAINU Tuban Gelar Bimtek Pengelolaan Kampus   |   09:00 . Sit With Emotion, Salah Satu Cara Memanajemen Quarter Life Crisis   |  
Mon, 17 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kuakui Kafe, Sajikan Kuliner, Wadah Pengembangan SDM

bloktuban.com | Sunday, 14 February 2021 14:00

Kuakui Kafe, Sajikan Kuliner, Wadah Pengembangan SDM

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memiliki sebuah bisnis kuliner, entah itu kedai ataupun kafe bisa menjadi peluang peningkatan ekonomi pribadi. Selain itu, kafe bisa juga dimanfaatkan menjadi sarana penyalur ekspresi, bakat, dan hobi para pemuda dan masyarakat sekitar. Demikianlah yang dilakukan Abdul Khafid. 

Pemuda desa berusia 26 tahun ini punya cara tersendiri supaya usaha rintisan kulinernya bisa bermanfaat untuk kalangan luas. Ia membangun sebuah kafe bertajuk pusat inkubator. Berbagai hobi, seni, pendidikan, bahkan kewirausahaan juga dipikirkan olehnya.

Ada beberapa gubuk beratap daun aren tua, serta bangunan kayu menjadi properti pelengkap. Bangunan yang berdiri sejak Mei 2019 lalu itu diberi nama Kuakui Kafe. Letaknya di Dusun Randupagir, Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel. Meskipun letak kafe di pelosok desa, tapi tempat ini mampu menjadi daya tarik pengunjung dari luar kota bahkan sampai manca.

Selain menu makanan dan minuman semi tradisional, pengunjung yang datang bakal disuguhi view bangunan yang menarik dan kegiatan-kegiatan kolaborasi dari berbagai komunitas. Seperti live music, musikalisasi puisi, dongeng, serta talk show yang mendatangkan bintang tamu lokal hingga mancanegara.

"Awalnya sih prihatin melihat hampir seluruh pemuda di desa menghabiskan watu untuk nongkrong di warkop atau cafe dan minimnya materi pendidikan skill di desa ini," ungkap Khafid saat dijumpai blokTuban.com di area Kuakui Kafe Dusun Randupagir. 

Berawal dari keprihatinan karena di dusun kelahiranya itu, terlintaslah pikiran untuk mendirikan kafe. Untuk memberikan edukasi lewat nongkrong yang berkonsep koneksi lingkungan yaitu kafe yang menjadi wadah dari berbagai komunitas dan berbagai hobi.

View bangunan sengaja dibuat menarik dan istagramable, desain yang memadukan material kayu, batu, dan tumbuh-tumbuhan guna menciptakan suasana yang rileks khas pedesaan. Mahasiswa Arsitektur sekaligus fotografer ini memfasilitasi alat musik bagi pengunjung yang ingin mengekspresikan hobi musik atau komunitas-komunitas yang ingin mengadakan acara seperti kemudian talkshow kepemudaan, dan bimtek.

"Pemberdayaan masyarakat seperti kerajinan dari pelepah pisang, perpustakaan, musik, tari, pelatihan desain grafis dan kursus Bahasa Inggris sudah berjalan. Selebihnya nanti kita programkan giat lainnya," lengkap pemuda yang saat ini baru saja menekuni geliat peternakan sapi itu, Minggu (14/2/2021).

Adapun komunitas yang sudah berkolaborasi antara dengannya antara lain Tuban Creative Hub, RTIK Tuban, Anak Desa Bisa, D’anyam, KFI, Sugar Glider, Musang, Tuban Reptile, Pak e D'bok, Dongeng dan Gerakan Mahasiswa Rengel. [feb/col]

 

Tag : Kafe, kuliner, wadah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more