07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   17:00 . Puskemas Targetkan Vaksinasi AstraZeneca di Kecamatan Soko 70%   |   16:00 . Teken MoU Dengan Sejumlah Instansi, Bupati Resmikan Operasi MPP Tuban   |   15:00 . Ratusan Warga Desa Rahayu Divaksin Astra Zenica   |   14:00 . Cukup 1 Jam Bikin Hidupmu Adaptif dan Produktif   |   13:00 . Pertamina Terminal LPG Bantu Ambulance dan Bangun Masjid di Jenu   |   12:00 . Pembantu Pasien Covid-19 Varian India Pulang ke-Singgahan Dalam Keadaan Sakit   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   19:00 . Warga Bersama TNI Koramil Bangilan Kerja Bakti Perbaiki Saluran Air   |   18:00 . Meski Pandemi, Antusias Perajin Uleg-Uleg di Kendalrejo Tetap Tinggi   |   15:00 . Google News Initiative - AMSI Berikan Pelatihan untuk Media Siber Skala Kecil dan Menengah   |   14:00 . Terjaring Operasi Balap Liar, Seorang Ibu Marahi Anaknya di Kantor Polisi   |   13:00 . Motor Balap Liar Dibongkar di Polres, Harus Keadaan Standar Baru Boleh Keluar   |   09:00 . Jelang Peringatan HANI 2021, BNNK Tuban Canangkan Desa Socorejo Sebagai Desa Bersinar   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kuakui Kafe, Sajikan Kuliner, Wadah Pengembangan SDM

bloktuban.com | Sunday, 14 February 2021 14:00

Kuakui Kafe, Sajikan Kuliner, Wadah Pengembangan SDM

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Memiliki sebuah bisnis kuliner, entah itu kedai ataupun kafe bisa menjadi peluang peningkatan ekonomi pribadi. Selain itu, kafe bisa juga dimanfaatkan menjadi sarana penyalur ekspresi, bakat, dan hobi para pemuda dan masyarakat sekitar. Demikianlah yang dilakukan Abdul Khafid. 

Pemuda desa berusia 26 tahun ini punya cara tersendiri supaya usaha rintisan kulinernya bisa bermanfaat untuk kalangan luas. Ia membangun sebuah kafe bertajuk pusat inkubator. Berbagai hobi, seni, pendidikan, bahkan kewirausahaan juga dipikirkan olehnya.

Ada beberapa gubuk beratap daun aren tua, serta bangunan kayu menjadi properti pelengkap. Bangunan yang berdiri sejak Mei 2019 lalu itu diberi nama Kuakui Kafe. Letaknya di Dusun Randupagir, Desa Pekuwon, Kecamatan Rengel. Meskipun letak kafe di pelosok desa, tapi tempat ini mampu menjadi daya tarik pengunjung dari luar kota bahkan sampai manca.

Selain menu makanan dan minuman semi tradisional, pengunjung yang datang bakal disuguhi view bangunan yang menarik dan kegiatan-kegiatan kolaborasi dari berbagai komunitas. Seperti live music, musikalisasi puisi, dongeng, serta talk show yang mendatangkan bintang tamu lokal hingga mancanegara.

"Awalnya sih prihatin melihat hampir seluruh pemuda di desa menghabiskan watu untuk nongkrong di warkop atau cafe dan minimnya materi pendidikan skill di desa ini," ungkap Khafid saat dijumpai blokTuban.com di area Kuakui Kafe Dusun Randupagir. 

Berawal dari keprihatinan karena di dusun kelahiranya itu, terlintaslah pikiran untuk mendirikan kafe. Untuk memberikan edukasi lewat nongkrong yang berkonsep koneksi lingkungan yaitu kafe yang menjadi wadah dari berbagai komunitas dan berbagai hobi.

View bangunan sengaja dibuat menarik dan istagramable, desain yang memadukan material kayu, batu, dan tumbuh-tumbuhan guna menciptakan suasana yang rileks khas pedesaan. Mahasiswa Arsitektur sekaligus fotografer ini memfasilitasi alat musik bagi pengunjung yang ingin mengekspresikan hobi musik atau komunitas-komunitas yang ingin mengadakan acara seperti kemudian talkshow kepemudaan, dan bimtek.

"Pemberdayaan masyarakat seperti kerajinan dari pelepah pisang, perpustakaan, musik, tari, pelatihan desain grafis dan kursus Bahasa Inggris sudah berjalan. Selebihnya nanti kita programkan giat lainnya," lengkap pemuda yang saat ini baru saja menekuni geliat peternakan sapi itu, Minggu (14/2/2021).

Adapun komunitas yang sudah berkolaborasi antara dengannya antara lain Tuban Creative Hub, RTIK Tuban, Anak Desa Bisa, D’anyam, KFI, Sugar Glider, Musang, Tuban Reptile, Pak e D'bok, Dongeng dan Gerakan Mahasiswa Rengel. [feb/col]

 

Tag : Kafe, kuliner, wadah

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 05 April 2021 13:00

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com

    Mahasiswa Unirow Tuban Belajar di Kantor blokTuban.com Sekitar 25 mahasiswa-mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban berkunjung di kantor redaksi blokTuban.com Jalan Sunan Muria No. 28 Kelurahan Latsari,...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more