Satgas Ajak Warga Kurangi Bepergian saat Liburan Imlek

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Satgas pencegahan dan penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tuban mengajak seluruh masyarakat untuk mengurangi mobilitas atau bepergian selama liburan Imlek.

Puncak Imlek sendiri jatuh pada tanggal 12 Februari 2021, dan hari sabtu-minggu menjadi hari libur akhir pekan. Untuk itu, ada waktu libur 3 hari bagi para pekerja.

Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tuban, Gunadi menghimbau dan menekan supaya masyarakat lebih sadar dengan penerapkan 5M yaitu, memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Di saat liburan Imlek yang utama adalah mengurangi mobilitas/bepergian," ujar Gunadi ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Jumat (12/2/2021).

Di samping itu, lanjut Gunadi setiap pribadi mempunyai tanggung jawab terhadap kesehatannya masing-masing dan lingkungannya serta penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

"Aturannya sama karena semua daerah di Jawa menerapkan PPKM Mikro," imbuhnya.

Sebelumnya, Kapolres Tuban, AKBP Ruruh Wicaksono menjelaskan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro merupakan pembatasan masyarakat sampai tingkat terkecil yaitu Rukun Keluarga (RT)/Rukun Warga (RW).

Pelaksanaan PPKM sesuai dengan tingkat sebaran pasien Covid-19. Penerapan PPKM Mikro ketentuannya diberlakukan mulai 9-22 Februari 2021. Tujuannya untuk mencegah dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban hingga di tingkat terkecil.

Menindaklanjuti perubahan regulasi yang berlaku, akan dilakukan zonasi di Kabupaten Tuban. Terdapat 4 zona yang didasarkan pada jumlah pasien Covid-19. 

Pertama, Zona Hijau yaitu jika tidak ada kasus Covid-19 di satu RT. Kedua, Zona Kuning, yaitu jika terdapat 1-5 rumah dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam satu RT selama 7 hari terakhir. 

Ketiga, zona oranye jika terdapat 6-10 rumah dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam satu RT selama 7 hari terakhir dan keempat, zona merah jika terdapat lebih dari 10 rumah dengan kasus konfirmasi positif Covid-19 dalam satu RT selama 7 hari terakhir. [ali/ono]